Bukan Cuma di Jakarta, Demo Dukung Rohingnya Meluas ke Daerah

FAJAR.CO.ID, PALANGKA RAYA – Ratusan umat Islam dan puluhan umat Islam Kota Palangka Raya, menggelar aksi solidaritas untuk umat muslim Rohingya. Aksi digelar di Bundaran Besar Palangka Raya.

Ratusan massa mulai bergerak usai Salat Jumat dari Masjid Raya Darussalam. Sementara sebagian lainnya secara berkelompok berdatangan langsung ke Bundaran Besar yang merupakan titik pusat kota.

Dalam aksi tersebut sejumlah tokoh dan pimpinan ormas Islam melakukan orasi yang mendesak pemerintah Myanmar untuk menghentikan aksi pembunuhan dan pembantaian terhadap umat Islam Rohingya.

Para peserta aksi juga membawa berbagai spanduk dan pamflet yang berisi kecaman terhadap pemimpin Myanmar, Aung San Su Kyi dan meminta agar segera dilakukan penghentian pembunuhan terhadap muslim Rohingya.

Turut memberikan orasi dalam aksi itu adalah Wakil Gubernur Kalteng Habib H Said Ismail.

“Aksi ini sebagai wujud kepedulian kita sebagai sesama umat manusia, khususnya sesama muslim. Pembantaian dan pembunuhan di Rohingya harus dihentikan segera,” kata Habib saat melakukan orasi.

Sementara Ketua Umum Kerukunan Umat Islam (KUI) Kalteng, H Rumsyah Bagan dalam orasinya mengatakan, selain menggelar aksi turun jalan, pihaknya juga melakukan aksi penggalangan dana untuk pengungsi muslim Rohingya.

“Ribuan saudara kita umat Islam Rohingya saat ini tengah membutuhkan bantuan kita. Seluruh dana yang terkumpul akan kita salurkan langsung melalui jalur yang ada untuk membantu mereka,” ujarnya.

Pantauan Kalteng Pos Online, dalam aksi penggalangan dana secara spontanitas itu berhasil terkumpul uang 55 juta rupiah lebih. (nto)