Baca Nih, Lima Manfaat Ajaib Donor Darah Bagi Tubuh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setiap orang boleh mendonorkan darahnya untuk sesama. Aksi kemanusiaan itu tentu sangat berharga menyelamatkan nyawa seseorang. Tak hanya aksi sosial, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam menyambut Hari Palang Merah Indonesia (PMI), Hotel Aston Marina menggandeng PMI untuk menggelar aksi donor darah. Targetnya dalah masyarakat umum, pengunjung, hingga karyawan hotel.

Kegiatan donor darah yang mengambil tema “Register to save lives” merupakan penyelenggaraan kedua ditahun 2017 setelah aksi donor darah pertama yang telah berjalan dengan sukses pada bulan Februari lalu. Aksi donor darah ini juga dilakukan dengan harapan meningkatkan semangat dan kesadaran dalam diri setiap manusia terhadap pentingnya persaudaraan dan saling tolong menolong antar sesama.

“Kami laksanakan sebelumnya, dan kami berharap bisa melaksanakannnya secara berkala di tahun-tahun berikutnya, setetes darah tentu sangat berarti,” kata Marketing Communications Aston Marina Paundra Hanutama, Jumat (8/9).

Kepala Seksi Pelestarian Donor Darah PMI Jakarta Utara Siti Cholidah menjelaskan manfaat donor darah begitu besar bagi tubuh. Rajin donor darah selama tiga bulan dapat membuat tubuh sehat dan aliran darah menjadi lancar.

“Donor darah itu baik untuk kesehatan kardiovaskular. Dan warga Jakarta sudah bagus kesadaran untuk berdonor. Sebab mereka paham donor darah itu seperti terapi,” jelas Siti.

Lima manfaat donor darah bagi kesehatan di antaranya,

1. Terapi

Donor darah bisa digunakan sebagai terapi mengatasi pengentalan darah. Darah yang tersumbat bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular.

3. Sirkulasi Darah

Aliran darah setelah donor menjadi lancar. Karena dilakukan rutin setiap tiga bulan.

3. Manfaat Sosial

Aksi sosial menolong sesama merupakan benang merah dari manfaat donor darah.

4. Pemeriksaan Laboratorium

Saat melakukan donor darah, maka bisa diketahui berapa kadar hemoglobin darah. Hal itu sekaligus bisa mengecek kondisi fisik seseorang.

5. Penyakit Menular

Dengan donor darah maka bisa diketahui adanya penyakit menular dalam tubuh seseorang. Di antaranya hepatitis B, C, sipilis, dan HIV. Ketika seseorang memang terindikasi tertular, maka pihak PMI akan melakukan pendekatan untuk dilakukan konseling dan tes ulang. (Fajar/JPC)