Bukan Hanya di Malaysia, di Thailand Juga Bendera Indonesia Dipasang Terbalik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, THAILAND – Setelah insiden pemasangan bendera Indonesia terbalik di buku Sea Games 2017 Kualumpur Malaysia, masyarakat Indonesia kembali dihebohkan dengan beredarnya video bendera merah putih terbalik di Thailand.

Bendera merah putih dipasang terbalik di antara deretan bendera-bendera negara anggota ASEAN di Thailand. Bendera merah putih itu diyakini bendera Indonesia dan bukan bendera Polandia. Pasalnya, 13 bendera yang terpasang semuanya bendera anggota ASEAN.

Video bendera Indonesia terbalik di Thailand diposting oleh akun Facebook Agel Syahputra di grup Facebook RAKYAT BERSUARA, Jumat (25/8/2017).

Penelusuran pojoksatu.id, video tersebut sudah beredar sejak November 2016. Video itu diunggah di akun Youtube Rizki Putri Ramadhani dengan judul “Bendera Indonesia dipasang terbalik di Thailand.”

Rizki menjelaskan, video ini direkam pada saat para pengajar bahasa Inggris dan bahasa Indonesia Lampang Technical College beserta rombongan SMKN 1 Cibinong berkunjung ke tempat balai konservasi gajah di Provinsi Lampang, Thailand.

“Kami terkejut melihat bendera Indonesia dipasang terbalik di antara jajaran bendera negara-negara Asean. Seketika itu kami turun bus dan langsung meminta pihak pengelola balai konservasi ini untuk membetulkan posisi bendera Indonesia,” tulisnya.

Oleh karena pihak pengelola harus menunggu teknisi yang sedang tidak di tempat, guru SMKN 1 Cibinong memutuskan untuk membenarkan bendera tersebut menjadi merah putih.

“Tepat pada peringatan hari Pahlawan, 10 November 2016. Jayalah Indonesia,” tandas Rizki.

Video tersebut direkam oleh seorang wanita. Dia melaporkan insiden pemasangan bendera Indonesia terbalik layaknya seorang reporter.

“Bendera merah putihnya terbalik, jadi putih merah. Dan bapak ibu guru dari Cibinong dan kami semua rombongan Technical College minta agar diganti,” ucap perekam video.

“Kami tidak tahu apa yang terajdi di sini, apakah mereka tidak tahu,” tandasnya.

 

  • Bagikan