Telkomsel Uji Coba Layanan TCASH di BRT Trans Semarang

  • Bagikan

RAKYATJATENG, SEMARANG – Setelah menghadirkan ragam layanan pembayaran ritel, layanan ketersambungan dengan bank (TCASH Ekstra) dan layanan overseas remittance, kali ini Telkomsel bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengembangkan cakupan layanan keuangan digital TCASH dengan menggelar uji coba layanan TCASH Pass di Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang.

Telkomsel mengembangkan fitur TCASH Pass untuk menjawab kebutuhan digitalisasi pembayaran di sektor transportasi yang bersifat cepat dan berulang. Implementasi teknologi ini memungkinkan transaksi di terminal pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu melakukan otorisasi PIN.

Kerjasama pembayaran tiket BRT Trans Semarang menggunakan layanan TCASH Pass ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi dengan Vice President Sales & Marketing Telkomsel Area Jawa Bali Ericson Sibagariang dalam acara peluncuran TCASH-BRT Trans Semarang di Balaikota Semarang, Jumat (18/8).

Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi mengapresiasi dan menyambut baik kerjasama tersebut. Menurutnya, kerjasama ini penting bagi peningkatan pelayanan BRT Trans Semarang, apalagi mengingat saat ini Telkomsel merupakan operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia.

“Harapannya sinergitas antara Pemkot Semarang dan Telkomsel melalui layanan TCASH ini mampu meningkatkan kecepatan pelayanan Trans Semarang. Selain itu saya yakin masyarakat akan sangat menyambut baik inovasi ini, karena sebagai operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia, maka mayoritas pengguna BRT Trans Semarang yang merupakan pelanggan Telkomsel akan sangat dimudahkan dengan berjalannya sistem ini,” kata Hendi.

Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi yang turut menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman tersebut mengatakan, Fitur pass dalam layanan TCASH dihadirkan dalam upaya mempercepat pengembangan konsep Smart City.

“Selain itu merupakan wujud dukungan dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah melalui digitalisasi pembayaran layanan transportasi,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Senior Vice President Mobile Financial Services Telkomsel Danu Wicaksana. Menurutnya, kerjasama TCASH Pass dengan BRT Trans Semarang merupakan langkah pertama untuk masuk ke sektor transportasi umum.

“Fitur ini kami kembangkan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang ingin  menggunakan TCASH sebagai alat pembayaran di dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kami juga berharap TCASH Pass dapat semakin memudahkan keseharian masyarakat Semarang menjadi masyarakat digital di tengah-tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat ini,” ujarnya.

Kerjasama antara Telkomsel dan Pemkot Semarang ke depannya, lanjut dia, juga akan dikembangkan melalui implementasi pembayaran non tunai di berbagai sarana umum lainnya seperti retribusi sampah, biaya administrasi pemerintahan, dan sebagainya.

“Saat ini lebih dari 12 juta pelanggan Telkomsel telah menikmati layanan TCASH di seluruh Indonesia. Telkomsel secara konsisten mengembangkan ekosistem layanan keuangan digital dengan menggandeng berbagai pihak untuk mendukung upaya pemerintah dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai dan mempercepat keuangan inklusif bagi masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Dalam acara peluncuran layanan TCASH dan BRT Trans Semarang tersebut, selain dapat berkenalan dengan layanan TCASH Pass, masyarakat dapat juga merasakan pengalaman bertansaksi menggunakan layanan TCASH untuk menikmati aneka sajian kuliner. Masih dalam rangkaian perayaan HUT RI ke-72, seluruh menu makanan dan minuman pada acara peluncuran dipasarkan dengan harga spesial Rp 72.

Perlu diketahui, untuk memperoleh layanan ini pelanggan Telkomsel yang aktif menggunakan layanan TCASH dapat dengan mudah mengaktifkan fitur TCASH Pass pada sticker near-field communication (NFC) TCASH yang tersedia di pusat pelayanan transportasi khususnya di halte BRT Trans Semarang Balaikota dan GraPARI Semarang. Setelah aktivasi layanan TCASH TAP dan fitur Pass, pelanggan dapat mengalokasikan saldo untuk layanan TCASH Pass.

Transaksi TCASH di dalam BRT Trans Semarang dapat langsung dilakukan dengan cara melakukan tap atau menempelkan sticker NFC TCASH ke terminal pembayaran BRT Trans Semarang yang dibawa oleh petugas.

Pelanggan dikenakan sesuai dengan tarif yang berlaku, yakni Rp 3.500 untuk umum dan Rp 1.000 untuk pelajar. Guna menunjang kemudahan akses layanan TCASH, Telkomsel juga menyediakan akses khusus aktivasi layanan TCASH untuk Kota Semarang melalui menu akses *800*024#. (Sen)

  • Bagikan