Safari Ramadhan, SBY Ajak Telandani Nilai Pancasila

  • Bagikan

RAKYAT JATENG, SEMARANG – Mantan Presiden RI keenam Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY, menggelar Safari Ramadhan Partai Demokrat 2017 dan buka puasa bersama di Hotel Gumaya Semarang, Selasa (13/6).

Dalam acara tersebut, SBY yang juga Ketua umum Partai Demokrat hadir bersama istri dan unsur DPP termasuk putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edi Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Dalam kunjungannya, SBY menyampaikan Refleksi Ramadhan dihadapan ribuan kader dan simpatisan Partai Demokrat se-Jateng mengenai Pancasila sebagai dasar negara dan Kebhinekaan sebagai pedoman hidup bernegara, berbangsa dan bermasyarakat.

SBY menegaskan, bahwa kedua hal tersebut harus dipegang dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sudah lama ia terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan bagian integral dari partai Demokrat sejak berdiri pada 9 September tahun 2001.

“Pancasila sebagai dasar dan asas partai, Kebhinekaan sebagai pilar partai. Simak mars Partai Demokrat pada bait kedua, ada kata-kata dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia sentosa,” ujar SBY.

Melanjutkan untaian pemikiran tentang Pancasila yang sudah dimulai di Cirebon, SBY memanfaatkan kesempatan di Kota Semarang untuk membahas sila ke Lima Pancasila: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

SBY mengatakan, ada dua persoalan mendasar yang terkait dengan sila ini. “Yang menjadi persoalan dan tantangan kita saat ini adalah kemiskinan yang masih relatif tinggi, meskipun sejak tahun 2007 masa pemerintahan saya, terus menurun,” katanya.

Ketimpangan atau kesenjangan sosial ekonomi makin meningkat. Karenanya secara khusus ia menggarisbawahi, agar negara memastikan semua rakyat Indonesia semakin sejahtera dan makmur. “Jangan kaya dan makmur sendiri-sendiri atau hanya kelompok tertentu saja,” tegasnya.

Setelah memberikan Refleksi Ramadhan, selain memberikan santunan anak yatim dan acara buka puasa bersama, SBY juga menyempatkan waktu menggelar konsolidasi melalui rapat internal bersama pengurus dan kadernya.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Pramono Edhie Wibowo, menyebutkan salah satu agenda rapat internal itu adalah persentasi Pilkada Wilayah DPD Partai Demokrat Jateng yang diikuti oleh seluruh kader, pengurus dan tamu undangan. (Na)

 

  • Bagikan