Berharap PKM di Semarang Cukup hingga 24 Mei, Hendi: Tergantung Kedisiplinan Masyarakat

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus menyalurkan bantuan di tengah wabah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia.

Kali ini giliran ribuan tenaga harian lepas yang terdiri dari petugas kebersihan taman, penyapu jalan, hingga penggali makam yang mendapat bantuan berupa paket sembako, APD, dan masker.

Tak kurang dari 1.300 orang mendapat perhatian khusus untuk dapat bertahan di tengah tekanan penyebaran virus Corona saat ini. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pun secara langsung memberikan bantuan tersebut, Selasa (19/5/2020).

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut menekankan, sebagai bagian dari keluarga besar warga Kota Semarang, para tenaga harian lepas harus mendapatkan dukungan dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya, terutama dalam kondisi pandemi ini.

“Para penyapu jalan, penggali makam dan petugas kebersihan taman tetap menjalankan tugasnya untuk kota kita meski pada kondisi pandemi, di saat sebagian besar masyarakat banyak beraktivitas di rumah saja. Untuk itu, perlu diberikan perhatian dan semangat melalui bantuan, perhatian dan rejeki yang kita miliki,” ungkap Hendi.

Sementara itu terkait pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Kota Semarang, Hendi menegaskan masih akan terus memantau kondisi terkait persebaran Covi-19 ini.

Dirinya sendiri menaruh harapan besar jika batas pemberlakuan PKM cukup hingga tanggal yang ditetapkan sebelumnya, yaitu pada tanggal 24 Mei 2020.

Namun, meskipun ada rasa optimis dalam dirinya, Hendi menekankan bahwa apa yang akan dilakukan di Kota Semarang ke depannya sangat bergantung pada dukungan masyarakat, dengan disiplin menjalankan protokoler kesehatan memakai masker, jaga jarak, serta menjaga kebersihan.

“Semua kembali kepada kedisiplinan masyarakat sebagai garda terdepan pencegahan virus ini,” ujarnya didampingi Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin

Di sisi lain dalam masa pemberlakuan PKM hingga tiba hari raya Idul Fitri nanti, Hendi telah menginstruksikan jajarannya, yakni Satpol PP dan Dinas Kesehatan untuk bekerja sama dengan Denpom dalam melakukan pengaturan kepadatan di swalayan, pasar, serta menutup jalur masuk ke arah Kota Semarang.

Sebanyak 8 pos pantau di perbatasan dan pos pantau di tengah kota akan terus aktif melakukan langkah antisipatif bagi pemudik yang akan masuk ke Kota Semarang. (Sen)

  • Bagikan