Wiranto: Jateng Supplier Atlet Bulu Tangkis Berkualitas

  • Bagikan
Ketua Umum PP PBSI, Wiranto melantik kepengurusan PBSI Jateng periode 2019-2023 di Hotel Ciputra, Rabu (4/3/2020). (Dewi Akmalah)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Tengah memiliki nakhoda baru. Akhmad Khafidz Basri Yusuf resmi terpilih menjadi Ketua Umum periode 2019-2023.

Ia melanjutkan tongkat estafet ketua umum sebelumnya, Andy Kridasusila yang pada kepengurusan kali ini menjabat menjadi penasehat.

Mantan Kepala Subid Pengembangan Prestasi dan Sport Science Pengurus Pusat PBSI tersebut menuturkan ada tiga hal yang menjadi fokusnya dalam memperbaiki kualitas bulu tangkis di Jawa Tengah. Salah satunya yakni mengenai sistem kejuaraan. Dirinya menginginkan semua pengkot dan pengkab yang ada di Jateng mulai merancang turnamen berkualitas.

Hal tersebut bertujuan menjaring bibit atlet berkualitas dari berbagai daerah. Selain itu pihaknya juga menekankan pentingnya perbaikan kualitas pelatih yang ada. Sehingga mereka dapat mengasah potensi atlet tersebut agar memiliki kualitas berstandar nasional bahkan internasional.

“Kita kan terkenal sebagai lumbung atlet bulu tangkis nasional. Maka dari itu untuk konsisten menciptakan atlet berkualitas kita butuh pelatih dan kompetisi yang berkualitas pula,” ujarnya pasca dilantik di Hotel Ciputra Semarang, Rabu (4/3/2020).

Selain itu dirinya juga akan mulai menerapkan sistem inventarisasi. Baik kepada atlet maupun sarana prasarana yang digunakan dalam berlatih. Harapannya dengan hal tersebut, ia dapat memetakan bagaimana potensi bulu tangkis yang ada selama ini. Sehingga ia mampu merumuskan formula yang tepat untuk meningkatkan prestasi atlet bulu tangkis di Jateng lebih maksimal.

”Kita data semua dulu. Apa kurangnya. Apa lebihnya. Nanti setelah tau kondisi saya akan tentukan apa yang perlu ditambah dan diperbaiki,” lanjutnya.

Dalam kepengurusan tersebut, Basri Yusuf akan didampingi Anwar Haryono dan Eddy Prayitno Wakil Ketua Umum I dan II. Untuk posisi sekretaris umum masih seperti periode sebelumnya yakni dipegang Iswoyo. Dan bendahara umum dipercayakan kepada Megatri Nusantara.

Sementara itu Ketua Umum PP PBSI, Wiranto menuturkan Jateng sendiri merupakan daerah pencetak atlet bulu tangkis nasional. Dimana rata-rata atlet Jateng memiliki kualitas diatas Provinsi yang lainnya.

Maka dari itu pihaknya berpesan kepada kepengurusan yang baru agar dapat menjaga tradisi tersebut. Sehingga Indonesia akan tetap memiliki banyak atlet yang akan membela dan mengharumkan nama bangsa di tingkat Internasional.

“Anggota yang terpilih kali ini merupakan orang-orang pilihan. Sebab ditangan mereka kita serahkan tugas berat untuk tetap membuat Jateng sebagai supplier atlet bulu tangkis berkualitas,” ujarnya. (akm/bas/JPC)

  • Bagikan