Walikota Salatiga Minta RSUD Tingkatkan Mutu Pelayanan

oleh

SALATIGA, RAKYATJATENG – Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM meminta agar UPTD RSUD Kota Salatiga terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Walikota dalam Apel Luar Biasa Pengarahan Awal Tahun 2020 sekaligus serah terima jabatan pejabat administrator dan pengawas di Lingkungan UPTD RSUD Kota Salatiga, belum lama ini.

“Peningkatan kualitas pelayanan adalah wajib untuk selalu dilakukan. Tidak hanya demi mencapai penilaian akreditasi paripurna pada tahun 2019 lalu, namun saya berharap hal tersebut dapat menjadi kebiasaan di RSUD ini. Karena peningkatan mutu pelayanan ini bukan hanya tugas dari Tim Akreditasi, tapi semua unsur yang ada di RSUD ini, mulai dari direktur sampai petugas parker,” pesan Yuliyanto.

Walikota menyampaikan apresiasi atas berbagai prestasi yang diraih pada tahun 2019 lalu seperti penilaian akreditasi paripurna, peringkat nomor 1 pelayanan publik se-Kota Salatiga, penghargaan Jateng Pos Award tentang Rumah Sakit berorientasi pada pasien Center Care serta terpilih sebagai rumah sakit percontohan promosi kesehatan di Jawa Tengah yang merupakan bentuk dukungan program Gubernur dalam mewujudkan RS tanpa dinding.

Yuliyanto juga mengakui bahwa sebagai perangkat daerah yang langsung berhadapan dengan masyarakat, RSUD Kota Salatiga tak lepas dari komplain, kritik dan juga berita negatif.
“Keluhan masyarakat yang sering dan masih menjadi PR kita bersama adalah kurangnya sarana prasarana dan pelayanan karyawan yang kurang ramah. Mari kita sikapi dengan cepat dan bijak, sehingga tidak berlarut-larut dan menimbulkan dampak yang lebih besar,” kata Wali Kota.

Dia juga berpesan agar seluruh karyawan RSUD menjaga kekompakan sebagai satu lembaga.

“RSUD ini adalah rumah kita. Apabila ada permasalahan, mari kita bicarakan dengan baik, bisa kepada saya atau sampaikan kepada direktur ataupun kepada Pak Sekda. Saya minta semuanya menjaga kekompakan,” pesannya.

Apel Luar Biasa tersebut ditutup dengan tausiyah oleh Wakil Walikota Salatiga, Muh. Haris, SS, MSi yang berpesan tentang keikhlasan dalam bekerja. Turut hadir dalam apel tersebut antara lain, Sekda Kota Salatiga, Drs. Fakruroji, Direktur beserta Jajaran dan Keluarga Besar UPTD RSUD Kota Salatiga. (hms)