Tanggul Jebol, Puluhan Babinsa Kodim Demak Turun Bantu Warga

oleh

DEMAK, RAKYATJATENG – Anggota Kodim 0716/Demak dipimpin Danramil 03/Wonosalam Kapten Kav Karmadi bahu-membahu bersama anggota polsek dan masyarakat Desa Lempuyang, Kecamatan Wonosalam melaksanakan perbaikan tanggul sungai Desa Lempuyang yang jebol karena terkikis luapan arus sungai, Rabu (8/1/2020).

Kegiatan memperkuat tanggul ini dikerjakan secara swadaya mengisi karung dengan tanah untuk memperbaiki kerusakan tanggul. Dengan cara menyusun karung karung yang diisi tanah dan dipatok dengan bambu untuk mencegah longsor diharapkan akan memperkuat tanggul yang selama ini sebagai penopang penahan air agar tidak masuk ke pemukiman warga.

Kegiatan ini memakan waktu yang lama karena tanggul yang jebol cukup panjang sekitar 200 meter sehingga diperlukan karung yang sudah diisi tanah untuk perkuatan tanggul yang jebol. Akibat kerusakan tanggul yang jebol ini mengakibatkan banyak perumahan warga pun terendam air dan tanggul yang tertutup lumpur.

”Hari ini kami semua bergotong royong untuk memperbaiki tanggul yang rusak tersebut. Hal itu untuk mencegah banjir yang menggenangi perkampungan warga,” kata Danramil 03/Wonosalam Kapten Kav Karmadi.

Sementara itu Suhadi salah satu warga Desa Lempuyang yang tempatnya terendam air akibat luapan sungai menyampaikan terima kasih kepada anggota koramil maupun polsek yang turut membantu pekerjaan perbaikan tanggul yang rusak tersebut. Apalagi dalam kerja bakti tersebut, warga nampak bersemangat dalam kegiatan perbaikan tanggul.

”Semoga setelah diperbaiki, tanggul yang ada ini bisa memberi kemanfaatan kepada warga. Sekaligus bisa menjadi pencegah agar air di sungai tak meluap dan menggenangi pemukiman warga,” harap Suhadi. (yon)
.