Tanjung Mas Semarang Jadi Kelurahan Ramah Anak

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – PT Indonesia Power mencanangkan program sosial Kelurahan Ramah Anak di Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kamis (12/12). Kegiatan dikemas dalam bentuk pelayanan kesehatan dan permainan untuk anak-anak.

Program ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kesehatan, edukasi kesehatan hak dasar dan kesejahteraan anak, sehingga membuat Kelurahan Tanjung Mas menjadi wilayah Ramah Anak di Kota Semarang.

Pelayanan kesehatan didukung oleh Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kantor Perwakilan Jawa Tengah, sedangkan penyuluhan hak dasar dan kesejahteraan anak didukung oleh Yayasan Anantaka.

Kegiatan ini diikuti 543 peserta, terdiri para ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia. Dari kelompok balita sendiri sebanyak 230 peserta diberikan edukasi serta diajak bermain dan mewarnai.

Perwakilan Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DP3A), Catur mengatakan, anak adalah asset bangsa yang harus mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang layak.

“Sehingga kita perlu menyadarkan para orang tua untuk menghentikan kekerasan dan pelecehan terhadap anak,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Supervisor Senior Keamanan dan Humas PT Indonesia Power UP Semarang, Darmawan Hendro.

Menurutnya, program ini untuk menyadarkan orang tua, bagaimana memberikan hak-hak anak dengan baik agar anak bisa tumbuh, berkembang dan menjadi generasi penerus bangsa yang baik.

Terpisah, Ketua RW XV Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Slamet Riyadi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Indonesia Power yang telah mencanangkan program ini di kawasan Tanjung Mas.

“Hal ini tentu dapat menyadarkan warga akan pentingnya mendidik dan menjaga kesehatan anak,” katanya. (Sen)