Petani Cabai Kulonprogo Panen Raya, Pasokan Natal dan Tahun Baru Aman

  • Bagikan

KULONPROGO, RAKYATJATENG – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan mengingatkan jajaran kementerian yang dipimpinnya tidak lengah menjaga ketersediaan bahan pangan bagi 260 juta rakyat Indonesia.

Libur Natal dan Tahun Baru yang berbarengan dengan musim liburan sekolah tahun ini diperkirakan akan mendongkrak konsumsi aneka bahan pangan termasuk cabai.

Kementerian Pertanian sejak dini melakukan ancang-ancang pengamanan pasokan cabai di sentra-sentra produksi. Dengan begitu diharapkan harga cabai bisa terkendali wajar.

“Hari ini saya bersama Bupati dan Dinas Pertanian Kulonprogo melakukan panen raya di hamparan lahan cabai seluas 40 hektare. Kalau melihat areal tanam yang ada kami optimis Kulonprogo mampu amankan pasokan cabai menjelang natal tahun ini,” kata Kasubdit Cabai Direktorat Jenderal Hortikultura, Mardiyah, di sela-sela panen raya cabai di Trisik Banaran Kecamatan Galur Kulonprogo, Jum’at (6/12).

Mardiyah menyebut berdasarkan perhitungan pihaknya, Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk daerah yang sudah mandiri dalam pemenuhan cabai. Salah satu penyumbang terbesarnya dari Kabupaten Kulonprogo.

“Berdasar data kami, rata-rata kebutuhan cabai besar di DIY sekitar 13 ribu ton per tahun, sedangkan produksi di Kulonprogo 25 ribu ton per tahun. Jadi sudah mencukupi bahkan surplus,” tandas Mardiyah.

“Yang membanggakan, Kuloprogo sudah menjadi sentra cabai besar yang diperhitungkan di tingkat nasional karena menduduki urutan ke-12 sentra produksi cabai nasional. _Share_ produksi cabai keriting menyumbang sebanyak 2,1% dan cabai rawit 0,17% dari total nasional,” imbuhnya.

Bupati Kulonprogo, Sutejo, mengaku bangga dengan petani hortikultura di wilayahnya yang dikenal ulet.

“Desa Banaran yang awalnya daerah miskin, kini telah berubah menjadi daerah makmur. Petani mendapat karunia Allah berupa lahan pasir yang disulap menjadi lahan produktif penghasil cabai dan melon,” tukas pria yang dilantik pada 7 November 2019 lalu setelah sebelumnya menjabat sebagai wakil bupati.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan banyak bantuan pompa air untuk pertanaman cabai dan melon. Warga sekarang menjadi makmur dan bisa bangun rumah,” kata Sutejo.

“Saya juga akan memberikan tambahan jalan usaha tani menuju lahan cabai. Prinsipnya kalau bisa tanam sendiri, tidak perlu beli,” tambahnya.

Ngatimin, Ketua Kelompok Tani Sidodadi, mengaku senang dengan perhatian pemerintah mendukung budidaya cabai di daerahnya.

“Setiap malam, di pasar lelang yang kami dirikan, mampu melakukan transaksi cabai hingga puluhan juta rupiah. Pasar lelang ini sangat membantu petani,” tukas Ngatimin yang dikenal sebagai petani cabai sekaligus pengelola tempat lelang cabai di Desa Banaran, Kecamatan Galur tersebut.

Dirinya menyebutkan di kampung Trisik, Banaran, pertanaman cabai mencapai 40 hektare dan saat ini memasuki musim panen raya. Bahkan petani mampu menghasilkan cabai keriting 30 ton per hari untuk memasok pasar di Jateng, Jabodetabek hingga Sumatera.

“Jadi kalau untuk Natal dan Tahun Baru nanti saya yakin aman,” tutup Ngatimin optimis. (***)

  • Bagikan