Pentingnya Olahraga, Pangdam: Masih Ditemukan Kasus Anggota yang Meninggal karena Sakit

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi S.E M.M menekankan bahwa olahraga merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh.

Selain berolahraga, menurutnya menjaga pola makan dan istirahat yang cukup harus senantiasa diperhatikan.

“Kita perlu olahraga agar badan kita tetap sehat dan bugar sehingga hal ini dapat menunjang kita dalam melaksanakan tugas-tugas dengan baik,” kata Pangdam di hadapan seluruh prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro usai berolahraga di Lapangan Parade Kompleks Makodam IV/Diponegoro, Kamis (5/12).

Menurutnya, berdasarkan laporan masih ditemukan kasus anggota yang meninggal karena sakit. Oleh karena itu, semua prajurit harus bisa menjaga agar diri terhindar dari penyakit. Salah satunya dengan berolahraga.

“Sadarilah bahwa aktivitas yang kita lakukan ini ada tujuannya. Minimal dengan olahraga, kita bisa menjaga kebugaran tubuh dan jauh dari penyakit asal kita lakukan dengan gembira,” ujarnya.

Pangdam menyatakan bahwa hidup dan mati memang tergantung takdir Yang Maha Kuasa. Namun karena takdir dan sudah tiba waktunya, tak lantas kita diam saja, tidak berbuat apa-apa.

Karena itu, Pangdam mengajak kepada seluruh prajurit untuk senantiasa menjaga kesehatannya dengan berolahraga. “Silakan masing-masing berolahraga sesuai dengan kondisi dan kemampuannnya,” katanya.

“Yang mampu lari silahkan lari, yang mampu jalan silahkan jalan. Bila tidak mampu jalan cepat ya jalan pelan-pelan. Kalau itu kita lakukan secara rutin, pasti lama kelamaan akan meningkat,” imbuhnya.

Diakhir penyampaian Pangdam berpesan agar olahraga tidak dijadikan beban, tetapi sebagai kebutuhan dan lakukan dengan gembira.

“Sekali lagi, ketahuilah bahwa apa yang kita lakukan itu memiliki tujuan, dan pasti ada manfaatnya. Apabila apa yang kita lakukan ternyata tidak ada manfaatnya ya jangan dilakukan,” pungkasnya. (Sen)