195 Warga Keracunan Makanan, Pemkab Pemalang Tetapkan Status KLB

  • Bagikan
Suasana di Balai Desa Kalisari yang dijadikan posko kesehatan. Foto: Roby Bernardi/detikcom

PEMALANG, RAKYATJATENG – Ratusan warga di Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, diduga mengalami keracunan makanan. Mereka telah dirawat di sejumlah rumah sakit.

Pemkab Pemalang pun telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan makanan hari ini. Data terakhir pada petang tadi, jumlah korban telah mencapai 195 orang.

“Iya sekarang tercatat total ada 195 warga baik yang rawat jalan maupun rawat inap,” ujar Camat Pulosari, Ahmadi, Jumat (6/12/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Solahudin menambahkan bahwa sampel makanan yang disantap warga Desa Kalisari, Kecamatan Pulosari, Pemalang telah dibawa ke laboratorium di Semarang.

Solahudiin menyinggung terkait para para korban keracunan, ia menyebut keseluruhan sudah tertangani dengan maksimal.

“Sudah tertangani termasuk soal pembiayaan rawat inap,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, warga Desa Kalisari yang menjadi korban merasakan keluhan pusing, mual dan muntah-muntah usai menyantap makanan di acara hajatan warga pada Rabu (4/12) pagi. Perangkat desa kemudian membuka posko kesehatan di balai desa dan mengoperasikan mobil desa untuk menjemput warga yang mengalami gejala keracunan. (detik)

  • Bagikan