Jambret Perempuan Muda, Pemuda Bertato Ini Babak Belur Dihajar Massa

oleh

KENDAL, RAKYATJATENG – Aksi penjambretan handphone atau ponsel terjadi di depan SPBU Pantura Jamberarum, Kecamatan Patebon, Selasa (3/12) pagi. Namun naas bagi pelaku, meski sempat kabur dengan sepeda motornya, dia akhirnya berhasil ditangkap dan dihajar massa saat tengah bersembunyi di semak-semak.

Pelaku diketahui berinisial MR, warga Kumpulrejo, Kecamatan Kaliwungu Kendal. Sementara korbannya seorang perempuan bernama Ria Furia, warga Karangsari Kota Kendal.

Informasi yang dihimpun, aksi penjambretan terjadi saat korban tengah menerima panggilan telepon di tepi jalur pantura, tepatnya di depan SPBU Jambearum Patebon. Tiba-tiba ponsel korban yang diselipkan di helm itu dirampas pelaku hingga talinya putus.

Pelaku langsung kabur dengan sepeda motornya ke arah timur. Spontan, Ria pun langsung mengejar pelaku sambil meneriaki maling.

Aksi korban pun mengudang perhatian sejumlah pemuda yang tanpa diminta langsung ikut memburu pelaku. Pelaku dikejar hingga ke Kota Kendal dan masuk ke gang buntu hingga memilih meninggalkan sepeda motornya.

“Lagi terima telpon dan masih pakai helm. Posisi HP saya selipkan di helm. Tiba-tiba dari belakang pelaku menarik HP nya hingga tali putus. Kemudian pelaku kabur. Saya kejar sambil tak teriaki maling,” kata Ria Furia.

Pelaku yang terus dikejar warga sempat bersembunyi di semak-semak belakang rumah warga. Namun warga akhirnya berhasil menangkapnya berikut barang bukti telepon genggam di tangannya. Menurut korban, pelaku kabur dengan kecepatan tinggi hingga masuk ke gang buntu. Warga pun ikut mengejarnya setelah mendengar terikan korban minta tolong.

“Bersama teman-teman, saya sedang nongkrong di sekitar lokasi kejadian dan ikut mengejar pelaku hingga tertangkap. Pelaku yangtertangkap saat bersembunyi, sempat menjadi bulan-bulanan warga hingga babak belur,” terangnya.

Pelaku yang babak belur diamankan ke Polsek Kota Kendal. Pelaku mengaku beraksi seorang diri dan tidak merencanakan akan melakukan aksi perampasan telepon genggam.

“Baru ini merampas HP dan sendirian. Tidak merancanakannya sama sekali, hanya spontanitas dan kabur gitu, tetapi salah masuk gang buntu,” kata pelaku.

Karena lokasi kejadian berada di wilayah patebon, pelaku kemudian diserahkan ke Polsek Patebon. (lid/RP)