Bakti Sosial Bikers HBD, dari Donor Darah hingga Bersih-bersih Pantai

oleh

AMBARAWA, RAKYATJATENG – Honda Bikers Day (HBD) yang diinisiasi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) yang diikuti 37.795 bikers, juga menggelar aksi bakti sosial. Acara puncak HBD Nasional digelar di Lapangan Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang akhir pekan ini, Sabtu (30/11).

Bikers yang datang ke HBD nasional maupun regional juga memberikan kontribusi positif untuk masyarakat dengan kegiatan bertajuk #BERKAH atau ”Berbagi Rasa Komunitas Astra Honda”.

Bentuk kontribusi terhadap masyarakat oleh para bikers ditandai dengan kegiatan donor darah di rangkaian HBD, baik regional maupun nasional. Donor darah diselenggarakan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), dan akan disalurkan untuk PMI Solo dan sekitarnya yang sedang membutuhkan kantung darah.

Khusus untuk HBD regional Kalimantan, bikers juga melakukan aksi bersih-bersih pantai. Lalu bikers di HBD regional Sulawesi melakukan kegiatan sosial tambahan dengan memberi bantuan renovasi sekolah dasar.

Tak hanya berkumpul dan bersilaturahmi, bikers yang hadir di HBD nasional disuguhkan berbagai aktivitas seperti games seru, traditional performance, community performance, band reggae Gangstarasta, dan paling meriah tampilnya pedangdut Via Vallen. Menarik juga diikuti kegiatan pemecahan Rekor MURI, yakni pelatihan safety riding terbanyak dilakukan untuk Anggota TNI.

HBD pertama kali digelar di Pangandaran, Jawa Barat (2009), dilanjutkan di Kiara Payung-Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat (2010), Bromo-Pasuruan, Jawa Timur (2011), Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta (2012), Tanjung Tum-Banten (2013), Pantai Pandawa-Bali (2014), Pantai Teleng, Pacitan-Jawa Timur (2015) dan Pantai Boom, Banyuwangi-Jawa timur (2016), Landasan Udara Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta (2017), dan kembali ke Pangandaran-Jawa Barat (2018). (Sen)