Yayasan Inisiasi Sehat Indonesia Gelar Pengobatan Massal

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Yayasan Inisiasi Sehat Indonesia (Inisias) menggelar Bakti Sosial (Baksos) berupa pengobatan massal di Kampung Pelangi, Semarang.

Kegiatan hasil kerjasama dengan Takmir Musholla Baitulhuda (Wonosari) dan Yayasan Masjid Assyifa ini disambut antusias warga sekitar. Tidak hanya pengobatan massal dan gratis, namun juga dilakukan edukasi kesehatan.

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi hidup sehat ke masyarakat, sekaligus mendukung program pemerintah, untuk menjalankan program promotif dan preventif kesehatan ke masyarakat khususnya di sekitar Kampung Pelangi Semarang,” terang Ketua Umum Yayasan Inisias dr Setya Dipayana SpA, Rabu (13/11).

Menurutnya, hadirnya Yayasan Inisias bukan hanya untuk mengkritisi program kesehatan, tetapi juga untuk mendukung program pemerintah.

“Sekaligus untuk membantu pelaksanaannya di lapangan sesuai dengan kebutuhan wilayah masing-masing dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” ujarnya.

Lebih lanjut dr Setya mengatakan, yayasan Inisias ini juga siap menjadi inisiator untuk memecahkan masalah kesehatan yang ada di Indonesia. Termasuk dalam menjalankan program promotif dan preventif kesehatan.

“Diharapkan dengan berjalannya promotif dan preventif, derajat kesehatan masyarakat Indonesia akan menjadi semakin baik, hal itu menjadikan masyarakat Indonesia akan bisa belajar lebih baik dan nyaman untuk memajukan bangsa. Seperti tagline kami Healthy Nation, Learn Better,” kata dr Setya.

Ditambahkan, di era Universal Health Coverage (UHC) ini, penting sekali memberikan edukasi kesehatan ke masyarakat melalui pendekatan program promotif dan preventif kesehatan.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga berfokus pada masalah promotif dan preventif kesehatan tersebut.

Ketua Takmir Musholla Baitulhuda Joko Setyobudi menyambut positif langkah Yayasan Inisias. Apalagi sejak ditetapkannya kawasan ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Semarang, tentunya harus diimbangi dengan kebersihan dan kesehatan lingkungan dan warganya.

“Kalau warganya sehat kan dapat menyambut wisatawan dengan ramah, bisa membuat cinderamata atau menyiapkan sajian kuliner sehat. Ketakmiran memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pendukung kegiatan (Yayasan Inisias dan Assyifa) juga kepada warga Kampung Pelangi atas antusiasmenya mengikuti kegiatan positif ini,” tandasnya. (Sen)

  • Bagikan