Kuliah Lapangan, Mahasiswa Hukum Unisbank Saksikan Rapat Paripurna di DPRD Jateng

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan, Fakultas Hukum (FH) Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang terus memperbaiki kurikulumnya. Salah satunya adalah dengan kuliah lapangan pada setiap mata kuliah.

Demikian disampaikan Dekan FH Unisbank Dr Rochmani SH M.Hum di sela-sela mendampingi para mahasiswa FH Unisbank yang menyaksikan rapat paripurna di DPRD Jawa Tengah, Selasa (12/11/19).

“Proses belajar tidak hanya teori di kelas, namun juga kunjungan lapangan pada lembaga mitra,” ujarnya.

Rochmani mengatakan, sebanyak 30 mahasiswa FH Unisbank menyaksikan poses rapat paripurna DPRD Jawa Tengah sebagai tugas kuliah lapangan.

Dengan mengikuti jalannya rapat paripurna DPRD Jawa Tengah mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dari DPRD yang menjalankan fungsinya, yaitu pengawasan, bugeting dan regulasi.

“Barangkali ke depan perlu dipersiapkan klinik hukum regulasi. Dengan mengikuti setiap tahap pembahasan, mahasiswa akan tahu bagaimana pembuatan Perda,” katanya.

Kepala Program Studi (Kaprogdi) Adi Suliantoro SH MH menambahkan, sebelumnya mahasiswa juga melakukan kunjungan lapangan pada lembaga mitra, salah satunya ke kantor Ketua DPC Peradi Semarang, Broto Hastono.

“Mahasiswa yang ikut mata kuliah bantuan hukum mendapatkan pengalaman bagaimana mendirikan kantor LBH dan manajemen Law Office,” ungkapnya.

“Tak hanya itu, sejumlah volunteer klinik hukum juga akan menyelenggarakan pendidikan hukum di SMA Setya Budi Kota Semarang,” kata Adi menambahkan. (Sen)