CPNS Pemkot Pekalongan Syaratkan IPK Minimal 3,00

oleh
Grafis: Radarpekalongan

PEKALONGAN, RAKYATJATENG – Masyarakat yang berminat untuk menjadi abdi negara dengan penempatan di lingkungan Pemkot Pekalongan, harus mulai bersiap-siap. Ada 207 formasi yang dibuka Pemkot Pekalongan dalam pengadaan CPNS tahun 2019 dengan rincian 55 formasi tenaga pendidikan, 44 formasi tenaga kesehatan dan 108 formasi tenaga teknis. Calon pelamar mulai dapat mendaftarkan diri secara online pada alamat sscasn.bkn.go.id mulai Senin (11/11) pukul 23.11.

Sesuai pengumuman yang disampaikan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKKPD) dalam laman website http://bkppdpelayananasn.pekalongankota.go.id/, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi calon pelamar. Salah satunya berkaitan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang disyaratkan minimal 3,00.

Kemudian, selain formasi umum Pemkot Pekalongan juga membuka formasi khusus yakni bagi kategori lulus ‘dengan pujian’ atau ‘cumlaude’ serta formasi disabilitas. Ada empat formasi untuk lulusan cumlaude dan empat formasi khusus untuk disabilitas. Formasi khusus untuk disabilitas, masing-masing yakni analis jabatan pada bagian organisasi, analis organisasi pada BKPPD, analis perencanaan pada Bappeda dan ahli pertama-pranata komputer pada Bappeda.

Sementara mengenai alur pendaftaran, seluruhnya dilakukan dengan sistem online di website https://sscasn.bkn.go.id. Calon pelamar harus membuat akun SSCN 2019 dengan menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu keluarga (KK). Setelah membuat akun, pelamar bisa login dengan menggunakan NIK maupun sandi (password) yang telah didaftarkan sebelumnya.

Setelah itu, pelamar diwajibkan mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sekaligus melengkapi biodata pribadi. Seusai melengkapi biodata, pilih jenis formasi dan jabatan yang sesuai dengan background pendidikan. Selanjutnya, unggah semua dokumen yang dibutuhkan, seperti ijazah, KK, KTP, dan dokumen lain yang dibutuhkan. Cetak kartu pendaftaran dan memverifikasi pendaftaran.

Sedangkan untuk jadwal, pendaftaran dibuka mulai 11 hingga 24 November 2019. Hasil seleksi administrasi diumumkan pada 16 Desember 2016 dan masa sanggah dapat dilakukan mulai 17 hingga 19 Desember 2019. Pengumuman hasil sanggah akan dilakukan pada 26 Desember 2019.

Selanjutnya untuk tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) digelar pada Februari tahun 2020, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020 dan pengumuman hasil akhir pada April tahun 2020. (nul/RP)