Porsimaptar XIX 2019 Resmi Dibuka, Diikuti 3.000 Atlet se-Jateng

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pekan Olahraga Seni Mahasiswa Pelajar dan Taruna (Porsimaptar) XIX 2019 telah resmi dimulai, Jumat (8/11/2019).

Pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang ini ditandai penyalaan obor oleh Gubernur Akpol, Irjen Pol Drs Achmat Juri M.Hum.

Pada pembukaan Porsimaptar kali ini, dimeriahkan dengan penampilan devile Drum Corps Pelopor Cendrawasih Akpol, tarian daerah dan juga bermacam pakaian adat nusantara yang disambut oleh Gubernur Akpol Irjen Pol Drs Achmat Juri di depan podium kehormatan.

Gubernur Akpol, Irjen Pol Drs Achmat Juri mengatakan, Porsimaptar ini bertujuan sebagai media sosialisasi taruna dengan masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa. Selain itu sebagai bentuk menjalin silaturahmi antara taruna Akpol dengan pelajar dan mahasiswa di Jawa Tengah, khususnya di Kota Semarang.

“Kegiatan ini juga untuk melatih skill manajerial taruna, sebagai implementasi pembelajaran taruna, sebagai polisi pelayan masyarakat yang humanis dan profesional, modern terpercaya,” katanya.

Perlombaan Porsimaptar mencakup regional Jawa Tengah, lanjutnya, dimana peserta datang dari Jepara, Kendal, Purworejo, Grobogan, Salatiga, Magelang, dan Semarang. Ada juga undangan khusus untuk IPDN yang pada tahun ini diikuti 109 praja.

“Kami berharap bisa menjaring para generasi muda yang berprestasi dalam bidang olah raga dan seni, serta membina persatuan dan kesatuan diantara mereka,” ungkapnya.

Diketahui, kegiatan Porsimaptar XIX 2019 diikuti lebih dari 3.000 atlet atau peserta. Terdiri dari 64 SMA dan 34 Perguruan Tinggi. Kegiatan yang digelar selama delapan hari ke depan terdiri dari sepuluh cabang perlombaan olahraga dan seni.

Di antaranya, badminton, volley, basket, futsal, bola, mural, band, tari tradisional dan modern, debate and speech dan fotografi.

Selain perlombaan, Porsimaptar XIX juga dimeriahkan dengan acara Color RUN dan berbagai macam bazar kuliner makanan dan panggung hiburan. Porsimaptar ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya alias gratis. (Sen)

  • Bagikan