Danrem: Pancasila Tidak Bisa Digantikan dengan Ideologi Apapun

oleh

BANYUMAS, RAKYATJATENG – Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana S.Sos M.M M.Han, memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2019).

Upacara yang dilaksanakan di lapangan upacara Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas tersebut berlangsung khidmat.

Upacara diikuti oleh segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Makorem 071/Wijayakusuma dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wijayakusuma, dengan tujuan untuk memperkokoh Pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup bangsa.

“Momentum Hari Kesaktian Pancasila ini, sebagai wahana refleksi guna merenungkan kembali bagaimana bangsa Indonesia saat ini menerapkan nilai-nilai Pancasila yang telah dijadikan falsafah hidup dalam berbangsa dan bernegara,”
kata Danrem 071/Wijayakusuma saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Dikatakan Danrem, Pancasila yang telah dirumuskan para pendiri bangsa, dijadikan sebagai pedoman hidup bangsa, yang mengatur dari berbagai aspek dan sendi kehidupan berbangsa dan bernegara mulai dari Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan Sosial.

“Sampai kapanpun, Pancasila tidak bisa digantikan dengan ideologi apapun. Jika ada pihak yang ingin merusak atau mengganti dasar negara, maka segenap anak bangsa Indonesia siap untuk membelanya,” tegasnya.

Kegiatan upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Danrem 071/Wijayakusuma diikuti oleh seluruh peserta upacara, dilanjutkan dengan pembacaan Undang-Undang Dasar 1945. (sen)