Direktur Marifood: Perguruan Tinggi dan Industri Bisa Bersinergi dalam Pengabdian

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Perguruan tinggi dan industri bisa bersinergi dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Bagaimana agar kegiatan itu bisa berlangsung lama, yaitu harus memperhatikan kepentingan dari industri maupun kepentingan dari pemakai produk.

Demikian disampaikan Direktur Marifood Harjanto Halim usai menjadi pembicara pada seminar nasional hasil pengabdian kepada masyarakat bertema ‘Keterlibatan Sinergis Perguruan Tinggi Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat’ di Unika Soegijapranata, Semarang, Rabu (18/9).

Harjanto mencontohkan Ecobricks yang sudah dilakukan selama ini menguntungkan. “Ecobricks yang kami lakukan ternyata buat kami menguntungkan, karena bisa untuk ajang promosi juga,” katanya.

Bagaimana perguruan tinggi itu dapat berperan, menurutnya bisa ikut membantu membuat modul edukasinya dan bagaimana kegiatan ini bisa dikenalkan ke semua lembaga-lembaga, baik lembaga pendidikan maupun lembaga sosial lainnya.

“Ini peran perguruan tinggi bisa masuk melalui sana. Tadi juga ada pertanyaan apa yang bisa dimanfaatkan setelah jadi botol Ecobricks. Nah di perguruan tinggi ada fakultas desain dan lain-lain, mereka juga bisa berperan,” ungkapnya.

“Saat perguruan tinggi akan melakukan kegiatan, baik riset maupun pengabdian masyarakat harus mendengar apa yang menjadi masukan dari pelaku usahanya,” imbuhnya.

Selain Harjanto Halim juga hadir sebagai narasumber, seperti Kepala Pusat Pendidikan Badan Riset SDM Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr Bambang Suprakto dan Guru Besar FTP Unika Soegijapranata Prof Dr Budi Widianarko. (sen)

  • Bagikan