SIPA 2019 di Solo Tampilkan Karya Seni Dalam Negeri dan Mancanegara

oleh
foto: rmoljateng

SOLO, RAKYATJATENG – Ribuan penonton padati area Beteng Vastenburg Solo untuk menyaksikan perhelatan Solo International Performing Arts (SIPA) 2019 , Kamis (5/9) malam. Pemukulan gong dan penyalaan kembang api memadai pembukaan SIPA 2019.

Usai pembukaan, dihibur oleh penampilan maskot SIPA 2019, Elizabeth Sudira yang menyanyikan lagu yang sengaja diciptakan khusus untuk acara SIPA yang berjudul Sukaria.

Penyelenggaraan SIPA tahun ini telah memasuki tahun ke-11 dan tahun ini mengambil tema  Arts as Social Action” yang akan di gelar pada tanggal 5 sampai 7 September 2019.

“SIPA tahun ini menampilkan karya para seniman dari dalam maupun dari luar negeri bertempat di Benteng Vastenburg, Kota Solo, Jawa Tengah,” jelas Direktur SIPA Irawati Kusumorasri,” jelasnya Kamis (5/9) malam.

Hadir juga tamu istimewa Duta  Besar Korea di Indonesia melalui  Kim Chang Beom. Menurut Kim Chang Beom kehadirannya ke acara SIPA juga membawa misi untuk mempromosika pariwisata Korea Selatan. Dengan menggelar rangkaian kegiatan bertemakan Teman Korea (Teko) Ning Jowo.

“Dalam kegiatan ini kami berkeliling dari Jakarta hingga Surabaya selama enam hari. Saya beberapa kali datang ke Solo, namun baru kali ini menggunakan bus. Sebelumnya mampir ke Cirebon, hari ini ke Solo dan besuk ke Surabaya,” imbuhnya.

Bahkan salah satu  youtuber Korea yang digandrungi banyak orang karena bisa berbahasa Indonesia dan bahasa Jawa, Jang Hansol membuat sebagian besar anak muda yang hadir dalam event SIPA 2019 ini berteriak histeris.

Sementara untuk penampil, SIPA hari pertama diisi enam seniman dari Riau, Taiwan, Korea, Kalimantan, dan Jakarta. [jie/rmoljateng]