Porsche Taycan Listrik Resmi Mengaspal, Bisa Mengisi Baterai di Rumah

oleh
Porsche Taycan listrik. Foto: Porsche

RAKYATJATENG – Porsche Taycan bertenaga listrik akhirnya mengaspal sekaligus penanda keseriusan bagi pabrikan Jerman itu, dalam menjawab tantangan otomotif masa depan.

“Ini jembatan warisan budaya ke masa depan, sekaligus membawa kisah kesuksesan brand kami, brand yang memang mengagumkan dan menggungah orang sedunia lebih dari 70 tahun,” kata Chairman of the Executive, Oliver Blume.

Porsche Taycan listrik diklaim mampu mempertahankan performa tingkat tinggi juga kenyamanan berkendara harian. Konektivitas dan digitalisasi menjadi salah satu pemikatnya.

“Kita menjanjikan sejatinya Porsche tak lekang di mobilitas elektrik – sports car yang mengagumkan serta tak sekadar teknologi dan kedinamisan berkendara tapi juga menyalakan semangat masyarakat dunia, seperti pendahulunya yang melegenda,” ujar Michael Steiner, Member of the Executive Board of Porsche AG – Research and Development.

Adapun pilihan modelnya adalah Taycan Turbo S dan Taycan Turbo. Merupakan bagian dari Porsche E-Performance dan menjadi produksi yang terkuat di jajaran sports car di kelasnya.

Bila ada yang ingin Taycan lebih jinak dengan gerak empat roda akan menyusul diperkenalkan tahun ini juga. Pilihan lainnya Taycan Cross Turismo pada penghujung tahun.

Dihadirkannya Taycan listrik bagian dari rencana pada tahun 2022, Porsche akan berinvestasi lebih dari $ 6,6 miliar di elektrifikasi kendaraan.

Taycan Turbo S merupakan paket terbaik bagi speed enthusiast. Total tenaga mencapai 750 Hp dikombinasi dengan Launch Control dan overboost. Taycan Turbo hanya bertenaga 670 hp.

Taycan Turbo S akan mengantarkan Anda 0-96 kpj hanya dalam waktu 2,6 detik. Sementara Taycan Turbo pas di 3 detik. Kecepatan tertinggi di lintasan uji dengan gerak empat roda bisa tembus 259 kpj.

Sistem tegangan Taycan mencapai 800 volt, sangat berbeda dengan kendaraan listrik lainnya yang hanya 400 volt. Ini menjadi keunggulan tersendiri bagi pengendara di jalan raya, pengisian baterai dari 5 hingga 80 persen hanya perluwak waktu 22,5 menit dengan tenaga pengisian puncak 270 kWh.

Kapasitas baterai dengan tegangan 800 volt ini mencapai 93,4 kWh. Pemilik Taycan juga bisa mengisi baterai melalui tegangan listrik di rumah hingga 9,6 kW dengan AC konektor SAE J1772. (mg8/jpnn)