Jokowi Resmikan Pabrik Esemka, Iriana Blusukan di Pasar Beringharjo

oleh
Ibu Negara Iriana bersama Ibu Wapres Mufidah Jusuf Kalla, berbelanja di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Jumat (6/9). Foto: BPMI Setpres.

YOGYAKARTA, RAKYATJATENG – Ibu Negara Iriana tidak ikut mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi yang dikenal luas dengan produk Esemka, di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9). Pasalnya, eyang dari Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah itu punya kegiatan lain di Yogyakarta.

Iriana mengawali kegiatan kerjanya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengunjungi Pasar Beringharjo. Dia datang ke pasar terkemuka di Kota Gudeg bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan sejumlah istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK).

Setibanya di Pasar Beringharjo sekitar pukul 08.45 WIB, Iriana disambut pedagang dan pengunjung pasar dengan antusias. Saat itu, Iriana langsung menuju salah satu kios di pinggir jalan Malioboro dan membeli kaus untuk kedua cucunya.

Setelah shopping untuk cucunya, Iriana masuk ke dalam area pasar yang menjual batik di lantai pertama. Di salah satu kios di los 4 Pasar Beringharjo, dia membeli dua blus bermotif parang dan satu blus bermotif kawung.

Tak berhenti di situ, perempuan berusia 55 tahun itu kemudian blusukan ke kios-kios batik yang berada di los 3. Di satu kios, dia membeli gamis bermotif kawung dan sogan.

Setelah sekitar satu jam berkeliling pasar untuk berbelanja dan menyapa masyarakat, wanita yang berulang tahun pada 1 Oktober tersebut lantas meninggalkan pasar terbesar di Yogyakarta itu. (fat/jpnn)