Tact 50; Leluhur Honda BeAt, Dilepas dengan Harga Rp 25 Jutaan

oleh

JAKARTA, RAKYATJATENG – Sejarah sepeda motor jenis skuter matik (Skuti) Honda sudah berlangsung puluhan tahun. Ini dimulai dengan model skutik pertama Honda bernama Tact 50.

Kuda besi pertama kali meluncur pada 1980-an itu masih mengadopsi mesin pembakaran dengan putaran dua tak sistem dua-tak.

Banyak yang menyebut, Tact 50 sebagai nenek moyang atau leluhur Honda BeAT. Sebab, keduanya memiliki tubuh mungil dan kaki-kakinya dibuat lebih rendah. Sementara desainnya lebih mirip skuter lansiran Italia, Vespa.

Di Indonesia, Honda Tact 50 yang sudah berumur 35 tahun ini ternyata masih ada yang menyimpannya. Penasaran bagaimana detailnya?

Salah satu Person in Charger (PIC) Zone Core Panji saat berbincang-bincang dengan JPNN.com di event Otobursa mengatakan, peredaran Honda Tact 50 di Indonesia terbilang cukup langka, bahkan hanya sedikit yang mengenalnya.

Lebih jauh, Panji menjelaskan, Honda Tact 50 sendiri dibekali mesin berkapasitas sangat kecil hanya 49,9 cc saja. Dilalahnya, sosok motor klasik itu dipajang selama pameran.

“Motor ini kalau masih dibawa di perkotaan saja masih okelah,” kata Panji di Senayan, Minggu (1/9).

Menariknya, motor mungil berstatus completely built up (CBU) berhasil mencuri perhatian para pengunjung event yang digelar setiap tahunnya itu.

Secara tampilan, skutik tersebut masih orisinal dan belum ada pergantian komponen. Seluruh perangkat yang tertanam di kendaraan mulai dari mesin dan kelistrikan sama sekali tak bermasalah, alias bisa berfungsi secara normal.

Jika Anda pengin meminang skuter klasik tersebut, Panji pun melepasnya dengan harga Rp 25 jutaan. caranya cukup masuk ke akun Instagram – HA Jigo Moto.

“Honda Tact 50 ini kami jual seharga Rp 25 juta. Semuanya masih orisinal dan dokumennya lengkap,” tukas Panji. (mg9/jpnn)