Ratusan Guru Dilatih Olah Sampah Plastik Jadi Ecobricks

oleh

PURWOKERTO, RAKYATJATENG – Ratusan guru SD dan SMP se-Kabupaten Banyumas, antusias mengikuti pelatihan mengolah sampah plastik menjadi ecobricks yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Kamis (29/8).

Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama PT Marimas Putera Kencana, produsen Marimas dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Irawati menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan PT Marimas Putera Kencana tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Banyumas yang sedang menggalakkan pengelolaan sampah plastik dengan cara ecobricks,” ujarnya.

“Bapak bupati juga memberikan arahan kepada ASN dan murid-murid di sekolah untuk membuat ecobricks, guna mengurangi sampah plastik di lingkungan,” tambahnya.

Guru SDN 3 Pliken, Suyanti, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus terutama untuk lingkungan di sekolah. “Setelah mengikuti pelatihan ecobricks dari Marimas ini nantinya akan saya jalankan di sekolah,” kata Suyanti.

Sementara itu Humas PT Marimas Putera Kencana, Lantip Waspodo, menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah berjalan di 13 Kota/Kabupaten di Jawa Tengah dan DIY.

“Pelatihan ecobricks diberikan kepada guru SD dan SMP agar nantinya diteruskan di sekolah masing-masing, sehingga generasi muda mulai sejak dini bisa lebih peduli dengan lingkungannya,” katanya.

Lantip menambahkan, selain pelatihan ecobricks, Marimas juga memiliki program marimas ecobricks gratis 1.000 laptop.

Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Marimas untuk menarik kembali bungkus-bungkus kosong Marimas di masyarakat agar tidak mencemari lingkungan.

“Caranya, sekolah membuat 100 ecobricks Marimas, menggunakan botol ukuran 600 ml dengan berat minimal 200 gram. 100 ecobricks Marimas tersebut dapat ditukar dengan 1 buah Laptop. Informasi dan pendaftaran dapat melalui www.marimasecobricks.com,” imbuhnya. (sen)