Ertiga Cita Rasa Crossover, Begini Tampang Aslinya

oleh
Penampakan Suzuki Ertiga XL6 Crossover terbaru (GaadiWaadi)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Suzuki India kedapatan sedang menguji mobil terbarunya Ertiga Cross pada Juni lalu. Salah satu mobil terlaris Suzuki itu memang santer diberitakan bakal memiliki penerus dari genre Crossover dengan basis utama MPV Ertiga.

Terbaru, sebagaimana dikutip dari laman OverDrive dan Gaadiwaadi, Rabu (21/8), dalam pengembangan lebih lanjut dari lintas MPV berbasis Suzuki Ertiga, spyshoot baru mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang Ertiga Cross tersebut yang bernama Ertiga XL6. Gambar spyshoot baru menunjukkan fasia atau wajah mobil yang mendapat pembaruan untuk memisahkannya dari Ertiga MPV biasa.

Seperti bisa dilihat pada gambar, grill atau kisi-kisi angin bagian depan dirancang secara berbeda dengan bumper yang mendapatkan cover tambahan dan skid bash plate agar menguatkan kesan crossover. Unit headlamp juga berbeda dengan mendapatkan pengaturan proyektor dan DRL LED diposisikan ke dalam sejajar dengan strip chrome pada gril.

Di bagian samping, Ertiga XL6 juga diberikan cover tambahan pada bagian bawah dan memanjang hingga lengkungan roda sampai ke bumper bagian belakang. Cover tersebut biasanya berfungsi untuk melindungi bodi dari lumpur, bebatuan, dan material jalanan lainnya mengingat fungsi crossover yang bisa pula diandalkan untuk melahap medan jalan yang berat.

Seperti bocoran sebelumnya, Ertiga XL6 memiliki roof rack di atasnya. Sisi-sisi jendela juga dibuat dengan warna senada yakni hitam pekat mirip dengan cover bodi di area pintu dan bumper depan-belakang mobil.

Pada bagian dalam, spyshoot juga mengungkapkan bahwa kabin akan identik dengan Ertiga MPV biasa. Namun begitu, Ertiga XL6 diklaim memiliki perubahan besar di baris kedua kursi penumpangnya.

Perubahan tersebut adalah Ertiga XL6 akan menjadi mobil 6-seater dan akan memiliki capten seat di barisan tengah bukan bangku yang menampung tiga penumpang seperti Ertiga MPV biasa. Juga, XL6 akan mendapatkan transmisi otomatis empat kecepatan.

Mesin yang ditawarkan adalah mesin bensin 1,5 liter dan diesel yang dikawinkan dengan gearbox lima dan enam percepatan. Sebagai varian mobil yang posisinya dikatakan lebih mahal dari Ertiga biasa, Ertiga Crossover XL6 diharapkan hadir dengan fitur tambahan lainnya pada sektor mesin dan variasinya.

(JPC)