Kapendam Diponegoro: Prajurit Harus Dapat Menjawab Tantangan ke Depan

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia tahun 2019.

Upacara yang berlangsung di lapangan Makodam IV/Diponegoro, Sabtu (17/8), diikuti ratusan prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro dengan Inspektur Upacara Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Upacara yang berlangsung tertib dan khidmat, ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih, dengan iringan lagi kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan teks Proklamasi oleh Inspektur Upacara.

Usai upacara digelar, Kapendam IV/Diponegoro Letkol Kav Susanto menyampaikan pelaksanaan upacara ini merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan YME atas anugerah kemerdekaan melalui perjuangan para pahlawan kusuma bangsa.

Menurutnya, untuk mewujudkan kemerdekaan, para pendahulu bangsa telah mengorbankan jiwa dan raganya. Maka sebagai generasi penerus untuk tetap menjaga dan mempertahankan kemerdekaan.

“Mempertahankan kemerdekaan dari berbagai ancaman yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat dan menghambat pencapaian cita-cita bangsa,” kata Kapendam.

Hal tersebut senada dengan penyampaian Presiden RI Ir H Joko Widodo dalam pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2019, bahwa kita akan mewujudkan Indonesia yang maju dengan tidak ada satu pun rakyatnya yang tertinggal untuk meraih cita-citanya.

“Kita harus optimis menatap masa depan dan harus percaya diri serta berani menghadapi tantangan kompetisi global,” tegas Presiden.

Presiden juga mengingatkan, sekarang kita dihadapkan pada tantangan global. Fenomena global yang ciri-cirinya kita ketahui, penuh perubahan, penuh kecepatan, penuh resiko, penuh kompleksitas, dan penuh kejutan, yang sering jauh dari kalkulasi kita, sering jauh dari hitungan kita.

Terkait hal tersebut, Kapendam berharap prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro dapat menjawab tantangan ke depan dengan memiliki rasa pengabdian terhadap tugas dan pekerjaannya, visi jauh ke depan, disiplin dan fokus pada apa yang akan diwujudkan.

Dalam kesempatan tersebut, Kasdam IV/Diponegoro juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangkaian memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Adapun perlombaan yang dilaksanakan antara lain tenis lapangan antar satuan dan ganda perorangan U-50, tenis meja, bulu tangkis dan bola voli. (sen)