ACT Jateng Gelar Syukuran Qurban Bersama Komunitas Sahabat Mata

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Puncak perayaan Idul Adha dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jateng dengan menggelar Syukuran Qurban bersama jamaah Masjid Jami’ Jatisari, Kecamatan Mijen, Semarang, Selasa (13/8)

Selain dihadiri masyarakat sekitar, acara bertema “Berkah Kurban Tebar Kepedulian” juga menghadirkan 200 sahabat difabel (tunanetra, tunarungu, dan tunadaksa) yang tergabung dalam komunitas Sahabat Mata.

Rony, perwakilan dari Kecamatan Mijen memberikan apresiasi atas terselenggaranya Syukuran Qurban tersebut.

“Kami melihat kepeduian yang luar biasa sekali dari rekan kami Aksi Cepat Tanggap yang peduli tidak hanya kepada manusia biasa, namun juga saudara-saudara yang mungkin sedikit berbeda dari yang lain. Hal ini membuktikan bahwa hubungan antara manusia satu dengan yang lain tidak boleh dibedakan hanya karena keterbatasan yang dimiliki,” papar Rony.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Jateng Sri Suroto memaparkan kebahagiaanya atas kepedulian masyarakat.

“Alhamdulillah pada iduladha 1440 Hijriah ini sebanyak 1.700 domba amanah masyarakat berhasil kami distribusikan di 35 kabupaten dan kota seluruh Jawa Tengah. Kita alokasikan kepada masyarakat yang memang membutuhkan, daerah pelosok, dan prasejahtera,” ungkapnya.

Adapaun maksud diadakan acara syukuran qurban, menurut Suroto adalah sebagai wadah berbagi kebahagiaan kepada sesama.

“Pada hari raya Iduladha ini, kita doakan keberkahan bagi para pekurban. Karena kurban adalah wujud ketakwaan kita kepada Allah atau istilahnya habluminallah sekaligus cara kita belajar peduli dan berbagi kepada sesama manusia atau habluminannas,” terang Suroto.

Selain mendapatkan apresiasi dari pihak Kecamatan, syukuran Qurban ACT Jateng juga dihadiri oleh perwakilan perangkat desa Jatisari, Danramil Kecamatan Mijen, dan Kapolsek setempat.

“Acara semacam ini jarang saya temukan di wilayah lain, inisiatif Syukuran Qurban di Mijen ini sangat istimewa, jajaran Kapolsek berharap untuk waktu yang akan datang diadakan lagi dan semoga manfaatnya semakin meluas,” sambut Wakapolsek Kecamatan Mijen, Sularno.

Setelah rangkaian sambutan dari berbagai pihak, acara dilanjutkan dengan tausiyah, kemudian doa bersama dan diakhiri dengan bersantap olahan istimewa daging kambing yang dimasak oleh relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) bersama-sama warga kompleks di Jatisari. (sen)