17 Agustus, Naik Trans Semarang hanya Bayar Rp74

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang akan memberikan “tarif merdeka” bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia.

Dengan pemberlakuan tarif itu, maka pada tanggal 17 Agustus nanti, pengguna armada transportasi umum yang dikelola Pemerintah Kota Semarang ini hanya dikenai tarif Rp 74 sekali jalan.

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) UPTD Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan, mengatakan tarif Merdeka dapat dinikmati dengan pembayaran non-tunai (cashless) melalui e-BRT, Brizzi, Tapcash, LinkAaa, Ovo dan Gopay.

“Khusus pada peringatan HUT ke-74 RI, kami memberikan tarif Merdeka, yakni naik Trans Semarang bayar Rp 74 saja. Tarif ini bisa dinikmati oleh siapa saja, asal membayar menggunakan transaksi non tunai,” kata Ade Bhakti, Kamis (15/8).

Ade menuturkan bagi pengguna jasa BRT Trans Semarang yang belum memiliki e-BRT bisa mendapatkan di Posko Terpadu BRT Trans Semarang di Jalan Pemuda depan SMAN 5 Semarang dan juga di halte transit seperti halte Imam Bonjol, halte Balaikota dan halte Simpang Lima.

“Pembuatan kartu e-BRT tidak dikenai biaya. Masyarakat bisa menigisi top up minimal untuk umum Rp 35.000 dan pelajar Rp 10.000,” jelasnya.

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, merupakan hari libur nasional. Namun, sesuai dengan Perwal 16A/2017 tentang tarif BRT Trans Semarang, tarif pelajar mahasiswa tidak berlaku pada hari libur nasional.

“Oleh karena itu, agar tidak dikenai tarif umum sebesar Rp 3.500 pada 17 Agustus, pelajar bisa menggunakan pembayaran non tunai untuk mendapat tarif Rp 74,” ujarnya. (sen)

  • Bagikan