HUT RI, Pemkot Semarang Gelar Khataman Qur’an, Doa Bersama dan Renungan Suci

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Tak hanya tentang hingar bingar kemeriahan, Pemerintah Kota Semarang juga akan mengadakan kegiatan yang sifatnya khusyuk dalam memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Pada 16 Agustus malam, Pemerintah Kota Semarang akan menyelenggarakan Khataman Qur’an, Doa Bersama dan Renungan Suci. Khataman Al Quran menurut rencana akan dilaksanakan di Lobi Kantor Walikota Semarang, Jumat (16/8) mulai pukul 16.00 WIB.

Kegiatan yang akan dipimpin oleh KH Khamad Maksum akan diikuti oleh 30 santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Roudhotul Quran Kauman Semarang. Ponpes Roudlotul Quran sendiri merupakan Ponpes yang berlokasi di dekat Masjid Agung Semarang yang sejak 1950-an telah meluluskan penghafal Quran.

Dalam kegiatan khataman Quran tersebut, masing-masing santri akan membaca 1 juz dan diakhiri dengan doa penutup khataman Al Quran. Usai khataman Quran dilanjutkan dengan Doa Bersama atau malam tirakatan.

Demi menjaga kekhusyukan acara, Pemerintah Kota Semarang tidak mengundang masyarakat umum. Masyarakat baru bisa ikut hadir pada acara Doa Bersama dan malam tirakatan yang dilaksanakan usai Khataman Al-Quran.

Pelaksana Harian Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Semarang, Imron, menuturkan acara Khataman Al Quran ini rutin digelar setiap HUT Kemerdekaan RI oleh Pemerintah Kota Semarang.

“Harapannya dengan acaranya tersebut Kota Semarang senantiasa dilindungi Allah SWT dan hajat bangsa Indonesia dikabulkan Allah SWT,” kata Imron.

Sementara itu, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, melalui Khataman Al Quran Pemerintah Kota Semarang menggunakan momentum HUT Kemerdekaan RI untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Momen ini juga digunakan untuk bermunajat kepada Allah SWT.

“Kemerdekaan Indonesia diraih atas perjuangan para pahlawan yang merupakan keberkahan dari Allah SWT, sehingga khataman Al Quran ini merupakan wujud rasa syukur kita atas nikmat yang sudah diperoleh oleh bangsa Indonesia dan khususnya Kota Semarang,” tutur Hendi, sapaan akrab Walikota.

“Semoga Allah selalu memberi perlindungan Bangsa Indonesia, utamanya Kota Semarang, dijauhkan dari segala bencana,” harapnya.

Selain acara Khataman Al Quran, seperti biasa Pemerintah Kota Semarang juga akan menyelenggarakan Upacara Detik-Detik Proklamasi yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2019. (sen)

  • Bagikan