Peduli Lingkungan, PDIP Demak Dorong Perda Terkait Penggunaan Plastik

oleh
PDIP Demak membagikan 600 paket daging kurban dengan menggunakan besek sebagai pengganti kantong plastik. (Ist)

DEMAK, RAKYATJATENG – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mendorong pembentukan adanya peraturan daerah (perda) terkait pengurangan penggunaan sampah plastik yang ada di masyarakat.

Sampah plastik, selain sebagai sampah yang sulit terurai, juga menimbulkan polusi dan berdampak kurang baik bagi kesehatan manusia.

Momentum peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 H di Kabupaten Demak, yang biasanya terjadi peningkatan penggunaan kantong plastik untuk pembagian daging kurban, mulai diganti dengan menggunakan bahan dari anyaman bambu atau biasa di sebut besek di kalangan masyarakat pedesaan.

“Selain lebih ramah lingkungan, penggunaan besek juga membuat daging yang dibagikan ke masyarakat akan bertahan lebih lama dan tidak cepat berbau,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Demak, Fachrudin Bisri Slamet, seusai pembagian daging kurban di Kantor DPC PDI Perjuangan Demak, Senin (12/8).

Disinggung terkait kemasan daging kurban yang saat ini tidak lagi menggunakan kantong plastik dan menggantinya dengan bahan yang lebih ramah lingkungan, Slamet menjelaskan bahwa langkah ini sekaligus sebagai sosialisasi ke masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Menurutnya, bukan hanya jenis sampah yang susah terurai, plastik yang berasal dari bahan kimia juga kurang baik bagi kesehatan tubuh.

“Terkait pengurangan penggunaan kantong plastik yang menimbulkan sampah dan polusi kesehatan, tentunya kiya akan dorong adanya peraturan daerah terkait pembatasan penggunaan kantong plastik,” jelasnya.

Slamet menambahkan, selain mendorong adanya peraturan daerah terkait pembatasan penggunaan kantong plastik, yang banyak menimbulkan bencana, PDI Perjuangan Demak juga mendorong upaya kreatif dari masyarakat dalam menciptakan produk pembungkus yang lebih ramah lingkungan.

“Yang jelas, masyarakat harus peduli lingkungan. Kalau tidak kita yang memulai , siapa lagi yang akan peduli lingkungan di sekitar kita,” ujarnya.

Pada Idul Adha tahun ini, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Demak membagikan sebanyak 600 besek daging sapi kepada masyarakat kurang mampu yang berada di sekitar kantor DPC PDI Perjuangan Demak maupun pengurus dan simpatisan partai.

“Apa yang kita bagikan ini semoga bermanfaat untuk sesama,” tutupnya. (yon)