HUT RI Jadi Momen Tarik Kunjungan Wisatawan ke Kota Semarang

  • Bagikan
Gedung Balaikota Semarang dihias menyambut HUT RI. (sen)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pemerintah Kota Semarang berupaya menggunakan momentum HUT ke-74 Republik Indonesia untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kota Semarang.

Sejumlah persiapan pun dilakukan, mulai dari pemasangan dekorasi kota tema kemerdekaan, hingga menginisiasi berbagai agenda wisata.

Meskipun pembukaan rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia di Kota Semarang telah dimulai pada 2 Agustus 2019 lalu, puncak kemeriahan dirancang baru mulai di pekan ke-3 hingga ke-5 Agustus.

Terkait kesemarakan dekorasi di Kota Semarang dalam menyambut HUT ke-74 Republik Indonesia tingkat Kota Semarang, paling mencolok terlihat di lingkungan Balaikota Semarang.

Gedung Moch Ichsan yang memiliki 8 lantai dan sehari-hari digunakan untuk aktivitas perkantoran Pemerintah Kota Semarang, dihias dengan kain merah putih untuk menyambut peringatan kemerdekaan Indonesia.

Berselimut bentangan kain merah putih, tulisan ”Semarang Hebat” menghiasi puncak gedung, sebagai representasi jargon semarang perjuangan Kota Semarang saat ini.

Terkait kegiatan perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia di Kota Semarang, pada 16-17 Agustus 2019 ditegaskan menjadi waktu puncak peringatan yang khusyuk.

Karena itu Pemerintah Kota Semarang memilih dengan khataman Alquran, doa bersama dan renungan suci pada 16 Agustus malam. Untuk Upacara detik-detik Proklamasi baru akan dilaksanakan pada 17 Agustus.

Selain itu, Pemerintah Kota Semarang akan memusatkan resepsi HUT ke-74 Republik Indonesia di Banjirkanal Barat pada 21 Agustus 2019. Sejumlah penampil akan dijadwalkan mengisi untuk menarik masyarakat datang ke Kota Semarang.

Di antaranya Roy Jeconiah (Boomerang) akan tampil pukul 17.00 WIB. Ndarboy Genk pukul 18.00 WIB, artis youtube pendatang baru Denny Caknan pukul 19.00 WIB dan ”The Godfather of Broken Heart” Didi Kempot akan menutup acara pada pukul 20.00 WIB.

Tak berhenti di situ, kegiatan perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia di Banjirkanal Barat Kota Semarang akan berlanjut hingga 24 Agustus. Bertajuk ”Semarang Introducing Market” selama empat hari tepi Banjirkanal Barat disulap menjadi sebuah area bazar makanan dan produk UMKM.

Penyanyi dan pencipta lagu-lagu hits seperti ”Bojo Galak”, ”Demi Kowe”, dan ”Aku Cah Kerjo” yaitu Pendhoza, dijadwalkan mengisi puncak kegiatan ”Semarang Introducing Market” pada Sabtu (24/8) pukul 20.00 WIB.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengharapkan sejumlah kegiatan yang diinisiasi Pemerintah Kota Semarang dapat menarik minat wisatawan ke Kota Semarang.

Apalagi, kata Hendi, sapaan akrab Walikota, pada 1 September 2019 Kota Semarang akan kedatangan boyband kenamaan asal Irlandia, yaitu Westlife.

”Harapannya, masyarakat bisa berkunjung ke Kota Semarang lebih awal. Karena pada 31 Agustus 2019 juga ada kegiatan Parade Seni di Plaza Kandri Waduk Jatibarang. Ini juga bagian dari perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia di Kota Semarang,” ucap Hendi. (sen)

  • Bagikan