Sempat Operasi Jantung, Calhaj Asal Banyumas Meninggal di Mekkah

oleh
Ilustrasi: net

PURWOKERTO, RAKYATJATENG – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, menginformasikan bahwa satu orang calon haji asal wilayah setempat meninggal dunia di Tanah Suci Mekkah karena kondisi kesehatan yang terus memburuk.

“Telah meninggal dunia calon haji asal wilayah Banyumas atas nama Eddy Handoko di Tanah Suci Mekkah karena mengalami sakit,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Imam Hidayat melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Banyumas, Purwanto Hendro Puspito, di Purwokerto, Selasa (6/8).

Dia menjelaskan, Eddy Handoko merupakan calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 67.

“Sebelumnya calon haji tersebut mengeluh nyeri dada dan merasa nafasnya sesak saat berjalan sehingga harus dirujuk ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan penanganan, dan sempat dirawat selama beberapa hari di RS King Abdul Aziz,” katanya.

Almarhum, kata dia, sebelumnya juga sempat menjalani operasi jantung di rumah sakit tersebut.

Dia menambahkan, Kemenag Banyumas telah menyampaikan hal tersebut kepada pihak keluarga yang berada di Kabupaten Banyumas.

Sementara itu, dia menambahkan bahwa pada saat ini masih ada satu calon haji Banyumas yang mengalami sakit dan harus menjalani perawatan di Arab Saudi.

Calon haji tersebut, kata dia, atas nama Dahirin dan tengah dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia.

“Calon haji tersebut pada saat ini masih dalam masa pemulihan dan kondisinya mulai membaik,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya kembali mengingatkan seluruh calon haji untuk terus menjaga kondisi kesehatan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci.

“Calon haji agar menjaga kesehatan, beristirahat dengan cukup, dan makan dan minum dengan cukup sehingga kondisi tubuh tetap prima,” katanya.

Pihaknya berharap seluruh proses ibadah haji akan berjalan dengan baik dan lancar hingga kembali ke tanah air nantinya.

Sebelumnya, dia juga menginformasikan bahwa total calon haji asal Banyumas tahun keberangkatan 2019 ada sebanyak 1.251 orang.

Kemenag Banyumas, kata dia, telah mulai melakukan pemberangkatan calon haji sejak tanggal 25 Juli 2019 yang lalu.

(Ant)