PSSI Jadwal Ulang Final Piala Indonesia pada 6 Agustus

oleh
Pemain Persija Jakarta saat ujicoba lapangan di Stadion Mattoanging Andi Mattalatta, Sabtu 27 Juli 2019. (fajar)

MAKASSAR, RAKYATJATENG –Jadwal ulang partai final Piala Indonesia leg 2 antara PSM Makassar vs Persija Jakarta rencana akan digelar Selasa, 6 Agustus 2019. Sebelumnya PSSI menunda laga puncak yang harusnya digelar Minggu (28/7) kemarin.

Munafri Arifuddin, CEO PSM Makassar mengatakan pihaknya sudah mendapatkan kabar bahwa pertandingan Final Leg 2 tetap dilaksanakan di Makassar minggu depan.

Appi begitu panggilan akrab CEO PSM ini mengatakan pihaknya tidak dan panitia pelaksana sudah siap menyelenggarakan itu sesuai jadwal yg ditetapkan PSSI.

“Kami menolak jika pertandingan dipindah ke luar Makassar. Karena partai Final Piala Indonesia dibuat home and away,”katanya hari ini.

Menurut dia Persija harus hadir di Makassar untuk partai tunda ini. Karena, katanya, sudah ada jaminan keamanan dari Polda Sulsel.

PSSI, lanjut dia, harus memberlakukan aturan tegas. Jika salah satu tim tidak datang atau tidak ingin bertanding harus dinyatakan WO.

Perangkat pertandingan dari PSSI diminta harus hadir tiga jam sebelum pertandingan dimulai.

Kemarin saat Kick Off akan dimulai, perangkat pertandingan justru tidak hadir. “Kami melihat tidak ada satupun perangkat pertandingan yg hadir di Stadion Mattoangin, “tegasnya.

Noor Korompot, mantan pengurus PSM Makassar mengatakan jika perangkat pertandingan tidak hadir tiga jam sebelum kick off harus dikenakan sanksi. “ini namanya konspiratif. Harus perangkat pertandingan mengeluarkan sanksi wo pada tim yang tidak mau bertanding,” tegasnya.

Efek dari pembatalan sebuah pertandingan apalagi untuk partai final banyak. Tidak hanya panitia penyelenggara tetapi stasiun TV yang memiliki hak siar.

“Terus terang saja Pengurus PSSI sangat tidak profesional. Berani membuat aturan home and away tetapi tidak siap menerima resiko,” ujarnya. (aci*/fajar)