Anggota Paskibraka 2019 Bercelana Panjang Diutamakan bagi yang Berhijab

oleh

JAKARTA, RAKYATJATENG – Perubahan ketentuan seragam anggota Paskibraka 2019 putri mengenakan celana panjang saat menjalankan tugasnya pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Negara, 17 Agustus 2019, diutamakan bagi yang berjilbab.

Hal ini diketahui dari penjelasan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Senin (29/7).

“Kalau yang berjilbab ya celana panjang, menyesuaikan,” ucap Heru. Diketahui pada tahun–tahun sebelumnya, bagi Paskibraka putri yang berhijab atau tidak, sama-sama mengenakan rok.

Heru mengatakan bahwa di dalam ketentuan yang baru juga disebutkan penggunaan celana panjang menggunakan frasa ‘dapat’. Sehingga dalam pelaksanaanya akan menyesuaikan bagi yang berjilbab atau tidak.

“Dalam aturannya kan dapat, maka bisa menyesuaikan semuanya hijab pakai celana (panjang),” ucap mantan pejabat di Pemprov DKI Jakarta ini.

Namun demikian, lanjut Heru, dengan alasan keseragaman dan keindahan maka semua anggota Paskibraka putri boleh mengenakan celana panjang.

“Yang tidak hijab bisa pakai rok, tetapi untuk keseragaman dan keindahan maka (yang tidak berjilbab) bisa pakai celana, dan lebih rapi,” tandasnya. (fat/jpnn)