Filipina Diguncang Gempa, 4 Orang Tewas dan 9 Luka-luka

oleh

MANILA, RAKYATJATENG – Gempa bumi mengguncang sebuah pulau di Filipina hari ini. Sedikitnya empat orang dilaporkan tewas akibat gempa yang terjadi dua kali hari ini.

Kepolisian Filipina mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (27/7/2019), empat orang tewas dan setidaknya 9 orang luka-luka akibat gempa kembar yang mengguncang pulau-pulau di Filipina utara.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS menyatakan, gempa pertama terjadi dengan magnitudo (M) 5,4 dan beberapa jam kemudian terjadi gempa kedua dengan magnitudo 5,9. Tak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Kedua gempa tersebut mengguncang provinsi Batanes, yang merupakan sekelompok pulau kecil dengan penduduk yang jarang, yang berlokasi di sebelah utara Pulau Luzon, pulau terbesar di Filipina.

Gambar-gambar yang dipublikasi media-media Filipina menunjukkan rumah-rumah yang ambruk dan jalan-jalan yang retak akibat gempa ini.

Filipina merupakan bagian dari “Cincin Api” Pasifik, sebuah busur aktivitas seismik intens yang membentang dari Jepang yang rawan gempa hingga Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik. (det)