Menristekdikti: Perguruan Tinggi Punya Kewajiban Ikut Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Bangsa

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Kemenristekdikti dalam kebijakannya mengarahkan dan terus mendorong perguruan tinggi agar penelitian, pengabdian dan programnya bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kecil dan UMKM.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. H. Mohamad Nasir Ph.D Ak usai menghadiri pergantian pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi (ISEI) Cabang Semarang di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikibank (Unisbank) Semarang, Senin (22/7).

Menurutmya, Perguruan Tinggi mempunyai kewajiban untuk turut serta dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa. “Diperlukan program pengabdian serta penelitian bagi perguruan tinggi yang muaranya adalah meningkatkan ekonomi kerakyatan,” katanya.

Sementara itu Ketua YPPMI Unisbank Alimuddin Rizal Rivai MM menambahkan, dalam rangka mengembangkan ekonomi bagi masyarakat, maka penting menyelaraskan dengan program pemerintah pada kawasan strategis pariwisata nasional.

“Di Jawa Tengah terkonsentrasi di Candi Borobudur, Kawasan Dieng, Sangiran Sragen dan Karimunjawa Kabupaten Jepara. Bisa juga mungkin bersama-sama dengan Bank Indonesia, Pemprov Jateng serta Pemangku Kepentingan dalam dunia Pariwisata untuk melakukan riset bersama guna meningkatkan ekonomi pada empat kawasan yang sudah ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional,” ujarnya.

Adapun acara, dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Propinsi Jawa Tengah, Sesdirjen Kelembagaan, Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Rektor Unisbank Semarang Dr Safik Faozi SH M Hum, Ketua YPPMI Unisbank Dr Alimudin Rizal Rivai M.M, Mantan Bupati Kudus Dr H Mustofa SE.MM, Dekan FE Undip Dr Suharnomo, SE M.Si dan juga beberapa anggota ISEI.

Secara aklamasi terpilih Ketua Umum ISEI menggantikan Prof H Mohamad Nasir Ph.D Ak adalah Dr Suharnomo SE M.Si yang juga Dekan FEB Undip. Sedangkan Sekretaris Umum adalah Dr Alimuddin Rizal Rivai M.M yang juga ketua YPPMI Unisbank.

Dekan FEB Unisbank Dr Euis Soliha SE M.Si menuturkan, agenda hari ini merupakan rapat pleno untuk menentukan pengurus ISEI periode 2019-2022. (sen)

  • Bagikan