Tenang, Stok Beras Aman Hingga 6 bulan ke Depan

oleh
AMAN – Gudang Bulog Kandeman memastikan stok beras hingga akhir tahun aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. (M DHIA THUFAIL/RP)

BATANG, RAKYATJATENG – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) menjamin ketersediaan stok beras di gudang Bulog Kandeman Batang, Jawa Tengah, selama enam bulan ke depan aman. Saat ini, Bulog bahkan mampu menyerap beras petani hingga puluhan ton perharinya.

Kepala Gudang Bulog Kandeman Batang, Yudha Oktori mengatakan, stok beras medium yang ada di gudang berjumlah 3.500 ton. Jumlah tersebut sangat mencukupi untuk kebutuhan enam bulan ke depan. “Bahkan saat ini Bulog Kandeman sedang melakukan penyerapan beras dari petani, sebanyak 30 hingga 50 ton per hari,” ungkap Yudha Oktori, belum lama ini.

Menurutnya, wilayah Kabupaten Batang saat ini belum ada kegiatan panen raya. Ia memperkirakan, panen raya di Batang akan berlangsung pada akhir Juli 2019 mendatang. “Maka untuk menjaga stabilitas pangan di Batang, kami membeli beras dari mitra kerja kami, yang memperoleh beras dari hasil panen di wilayah Kabupaten Demak,” terang Yudha.

Ia menyebutkan, Bulog membeli beras dari petani seharga Rp 8.030,-/kg, sesuai harga pokok pembelian pemerintah (HPP). Adapun mitra kerja yang selama ini rutin memasok beras ke Gudang Bulog Kandeman adalah Pengusaha Beras (PB) “Berkah Illahi,” PB “Makmur Jaya”, dan PB “Karya Maju.”

“Ketiga pemasok beras tersebut berdomisi di Kecamatan Gringsing, Subah dan Batang. Selain beras, Bulog juga menyediakan produk komersial untuk masyarakat. Yaitu gula pasir, minyak goreng dan daging beku,” pungkas Yudha. (fel/RP)