Tim Gajser Juarai Motocross Grand Prix (MXGP) of Asia 2019 di Semarang

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Tim Gajser tampil sebagai juara di Motocross Grand Prix (MXGP) of Asia 2019. Pembalap dari Team HRC Honda itu akhirnya mengukuhkan namanya sebagai crosser tercepat.

Balapan kejuaraan dunia MXGP of Asia digelar di sirkuit Bukit Semarang Baru (BSB) City, Mijen, Kota Semarang, Minggu (14/7). Pada Race 2, Tim Gajser tampil sebagai pemenang dengan catatan waktu 35 menit 33,827 detik dalam 18 putaran (31.140 km).

Ia tampil dominan dan finish 3,270 detik di depan Pauls Jonass dari Tim Husqwarna yang finish kedua. Arnaud Tonus dari Tim Yamaha melengkapi tiga terdepan.

Dengan hasil tersebut, pembalap asal Slovakia bernomor 243 tersebut berhak naik ke podium dan menerima thropy kemenangan untuk yang ke-15 kalinya di kelas MXGP untuk musim balap tahun ini.

Di kelas MX2, Pembalap Jorge Prado dari Tim Redbull KTM menjadi juara pertama dengan catatan waktu 34 menit 45,752 detik saat race 2 dalam 17 putaran. Mengikuti di tempat ke dua adalah Maxime Renaux dari Tim Yamaha dan tempat ke tiga Calvin Vlaanderen dari Tim Honda.

Pertarungan para pembalap motocross kali ini terbilang sengit, track tanah sirkuit BSB Mijen yang tergolong basah lembab sanggup dilibas dengan mudah saling kejar-kejaran. Tak sekali dua kali saja para pembalap saling bersenggolan di beberapa tikungan.

“Track sirkuit BSB City Mijen ini terbilang sangat menantang, tekstur dan kontur tanahnya sangat unik. Justru ini yang disukai para pembalap, harus cermat mengatur setting motor dan membuat strategi melewati tikungan,” kata Antonia Alia selaku Director FIM/CM.

Hal senada juga disampaikan Vice Presiden and Head Operation Youth Stream David Luongo. Pihaknya memuji jika sirkuit BSB City Mijen, Kota Semarang merupakan sirkuit motocross terbaik di Indonesia dan ditingkat Dunia.

“Track atau lintasan sirkuit di sini sangat bagus sekali. Pemandangan dan situasinya sangat menantang. Semua pembalap-pembalap kelas dunia hadir disini. Kota Semarang memiliki potensi track yang sangat bagus, terutama di BSB City ini,” ujar David Luongo.

Sementara itu, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan, perhelatan balapan kejuaraan dunia MXGP of Asia 2019 kali ini dinilai sukses pelaksanaanya. Sehingga Kota Semarang berpeluang besar dan masuk kembali menjadi tuan rumah event MXGP 2020 mendatang.

“Dari informasi yang saya dapatkan hari ini, tahun 2020, Kota Semarang juga masuk menjadi kandidat tuan rumah event MXGP untuk ketiga kalinya,” ungkap pria yang akrab disapa Hendi tersebut. (sen)