Demak Kabupaten Berbasis IT

  • Bagikan

DEMAK, RAKYATJATENG – Kabupaten Demak merupakan salah satu dari 100 Kabupaten/Kota yang dibimbing oleh Kementerian Kominfo untuk berbasis Information Technology (IT).

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto saat membuka secara resmi Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City Tahap I di Grahadika Bina Praja.

Hadir pada kegiatan tersebut, Pembimbing dari Kementerian Kominfo, Shita Laksmi, Kepala Dinkominfo Kabupaten Demak Endah Cahyarini serta para Kepala OPD

Menurut Joko, hal itu sesuai dengan salah satu program unggulan Bupati Demak yaitu Demak smart city (kota pintar berbasis IT).

“Jadi sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap,” katanya.

Kalau pimpinannya sudah berkomitmen seperti itu, lanjut Joko, maka tidak ada alasan bagi Pemerintah Kabupaten Demak untuk tidak mewujudkan ‘Demak Smart City’.

“Saat ini beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Demak sudah menggunakan aplikasi tertentu guna mendukung program Smart City dan sudah mulai diikuti oleh semua OPD yang ada di Kabupaten Demak,” katanya.

Ia berharap semua OPD bersatu menjadi tim untuk program Smart City. Joko juga berharap agar program tersebut didukung dengan fasilitas yang sesuai.

“Mari kita bersatu untuk kesuksesan ‘Demak Smart City’. Kalau tidak mengikuti kita akan ketinggalan,” ungkapnya.

“Smart City harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur sehingga Demak menjadi lebih baik,” lanjutnya.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Wabup Joko, Kasi Tata Kelola E-Government Diskominfo Provinsi Jateng Toto Sumarmo, menyatakan bahwa komitmen dari pimpinan merupakan salah satu faktor terpenting untuk keberhasilan Smart city. Selain itu, koordinasi antara Bappeda selaku perencana dan BPKPAD selaku pemegang anggaran serta Kominfo selaku inisiator juga menjadi faktor keberhasilan Smart city.

Ia juga menyampaikan bahwa tujuan dari Smart City Government adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Tidak hanya teknologi saja, inovasi yang mengarah ke kesejahteraan masyarakat juga termasuk cara meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” katanya. (yon)

  • Bagikan