Diikuti Ratusan Peserta, USM Semarang Gelar Workshop Metode Penelitian Kualitatif

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Universitas Semarang (USM) melalui UPT Pusat Pengembangan Publikasi Ilmiah Dosen (P3ID) menggelar workshop metode penelitian kualitatif di Aula Gedung V, Selasa (9/7).

Workshop yang diikuti sekitar 250 peserta tersebut dibuka Wakil Rektor I USM Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psikolog. Dalam sambutannya, Hardani mengapresiasi kegiatan workshop itu, karena dapat menambah ilmu pengetahuan tentang penelitian terutama bagi para dosen.

“Saat ini juga ada perkembangan dalam penelitian yang merupakan gabungan dari kuantitatif dan kualitatif. Dari workshop ini peserta diharapkan bisa membedakan penelitian kuantitatif, kualitatif dan gabungan dari keduanya,” ujar Hardani.

Workshop yang diikuti oleh mahasiswa, dosen dari perguruan tinggi di Jawa Tengah dan para peneliti dari perguruan tinggi di Jawa Timur dan Jawa Barat ini menghadirkan narasumber, Prof Anis Chariri SE M.Com PhD Ak CA. Ia adalah dosen Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Pada paparannya materinya, Prof Anis menanyakan kepada para peserta berapa yang sudah melakukan penelitian kualitatif. Menurut Guru Besar Undip ini bahwa sebelum melangkah lebih jauh yang penting faham filosofinya terlebih dahulu bukan pada teknik atau metodenya.

“Ada beberapa penelitian yang kelihatnnya kualitatif tetapi ternyata bukan kualitatif, maka kita harus fahami dulu filosofinya sejak dari awal. Selain itu peneliti juga harus bisa membedakan penelitian kuantitatif dan kualitatif, karakteristik riset kualitatif dan desain penelitian kualitatif,” kata Prof Anis. (sen)

  • Bagikan