Diderita Sutopo, Pahami Penyebab Hingga Pencegahan Kanker Paru

oleh
Ilustrasi gejala awal kanker paru ditandai dengan batuk. (VectorStock)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Kanker paru adalah salah satu penyakit yang mengancam karena memengaruhi kemampuan untuk bernapas. Penyakit ini yang merenggut nyawa Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (7/7), kanker paru bertanggung jawab atas sekitar 1,8 juta kematian di seluruh dunia. Kanker paru adalah jenis kanker yang paling berbahaya. Sebab, sel kanker membelah tanpa terkendali. Sehingga beberapa tumor di paru-paru yang ada dapat membahayakan kemampuan untuk bernapas.

Gejala umum kanker paru-paru mungkin perlu waktu untuk muncul. Perubahan bernapas, penyakit dada yang sering, atau adanya benjolan.

Biasanya untuk mengetahui lebi lanjut, dilakukan pengambilan sampel jaringan atau biopsi. Para dokter mengambil sebagian dari jaringan paru-paru dan mencari aktivitas kanker. Kemudian dilakukan pengujian laboratorium dahak atau darah di bawah mikroskop untuk mendeteksi kanker paru-paru. Pengujian pencitraan X-ray biasanya akan mengungkapkan adanya massa abnormal di paru-paru.

Berikut penjelasan tentang penyebab, tahapan, dan pencegahan kanker paru.

Penyebab Kanker Paru

  1. Rokok

Terkena bahan-bahan pemicu kanker seperti karsinogen yang paling umum ditemukan dalam rokok bisa merusak lapisan dalam paru-paru. Biasanya, perokok adalah orang-orang yang paling berisiko terkena kanker paru-paru. Namun, diketahui juga kanker paru terjadi pada orang yang tidak merokok (perokok pasif).

  1. Bahan Kimia

Kanker paru berisiko terpapar bahan kimia atau racun lain yang dihirup secara teratur. Orang-orang di industri pertambangan berisiko sangat tinggi terkena kanker paru

  1. Polusi

Jika secara teratur terpapar polusi dan tingkat tinggi semakin menjadi alasan lainnya untuk memicu sel kanker paru.

Tahapan Kanker Paru

Kanker paru-paru dibagi menjadi beberapa tahap berdasarkan seberapa jauh sel-sel kanker menyebar. Ini adalah berbagai tahap kanker paru-paru.

  1. Tahap 0

Ini adalah saat pemeriksaan menemukan sel aktivitas sel abnormal yang terletak di lapisan atas saluran udara.

  1. Tahap 1

Pembelahan sel yang abnormal menghasilkan tumor, yang berada di bawah 5 cm dan belum menyebar ke area lain dari paru-paru.

  1. Tahap 2

Meskipun tumor kurang dari 5 cm, itu menyebar ke kelenjar getah bening atau jika kurang dari 7 cm tetapi belum menyebar ke kelenjar getah bening.

  1. Tahap 3

Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening dan bagian lain paru-paru.

  1. Tahap 4

Kanker itu menyebar ke bagian tubuh lain seperti kerongkongan atau otak.

Cara Mencegah Kanker Paru

  1. Berhentilah merokok

Perokok memiliki peluang tertinggi terkena kanker paru-paru. Studi telah menemukan bahwa orang yang merokok bahkan setelah bertahun-tahun berpotensi terpapar penyakit ini.

  1. Hindari Asap Polusi

Mengenakan masker dapat mencegah Anda dari menghirup karsinogen dari udara sampai batas tertentu. Juga, bisa menanam lebih banyak pohon di lingkungan karena tanaman bertindak sebagai filter udara alami.

  1. Konsumsi Buah dan Sayuran

Pola makan yang sehat akan sangat membantu memastikan tubuh dalam kondisi prima untuk melawan semua aktivitas seluler abnormal yang dapat berubah menjadi kanker yang mematikan.

(RS/JPC)