Satgas Saber Pungli Mulai Beraksi, Pentingkan Pencegahan

oleh
SABER PUNGLI – Satgas Sapu Bersih Pungli siap beraksi dalam memberantas pungli di Kota Santri. (TRIYONO/RP)

PEKALONGAN, RAKYATJATENG – Satuan Tugas ( Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Pekalongan siap beraksi dalam memberantas Pungutan Liar. Satgas tidak segan segan mengambil tindakan tegas kepada pelaku. Sebagai bentuk keseriusan menangani Pungutan Liar, sejumlah petugas gabungan menggelar Rapat Koordinasi di Aula Inspektorat, Jumat (5/7).

Rapat Koordinasi dibuka langsung oleh Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli yang juga Wakapolres Pekalongan, Kompol Mashudi yang diwakili oleh Kabag Sumda Kompol Zurianto.

Kompol Zurianto menyatakan, Satgas Saber Pungli memiliki banyak tugas pada fungsi pencegahan dengan memperbanyak sosialisasi. Akan tetapi, juga tidak menutup kemungkinan jika dari unit penindakan menemukan penyimpangan akan dilakukan penindakan sesuai undang – undang yang berlaku.

“Ya, prinsip kita ini mementingkan pencegahan terlebih dahulu dengan memperbanyak melakukan sosialisasi agar semua dengan penuh kesadaran tidak ada yang mau melakukan pungutan liar. Namun jika dari unit penindakan menemukan penyimpangan tentu kita akan lakukan penindakan sesuai undang – undang yang berlaku,” tegasnya.

Sebab, lanjutnya, pungutan liar adalah perbuatan yang sudah melanggar aturan sehingga harus ditindak tegas. Jika tidak, maka masyarakatlah yang menjadi dampak atas perbuatan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. (yon/RP)