Datangkan Sadio Mane, Real Madrid harus Gelontorkan Rp 3,2 Triliun

oleh
Sadio Mane menjadi incaran klub raksasa Spanyol Real Madrid. (ARIEL SCHALIT/AP PHOTO)

RAKYATJATENG – Sewindu sudah tak ada pemain Afrika yang berkostum Real Madrid lagi. Pasca Mahamadou Diarra meninggalkan Valdebebas, kamp latihan Real, pada Januari 2011, habislah wakil negara-negara dari Benua Hitam di klub tersebut. Diarra berstatus sebagai pemain Real sejak di musim 2006 hingga 2011.

Sebelum Diarra, wakil Afrika di klub yang berjuluk Los Merengues tersebut ada Geremi Njitap (1999 – 2003) dan Javier Balboa (2006 – 2008). Sejatinya masih ada Samuel Eto’o. Tapi, Eto’o tak pernah main di tim utama Real. Dan, kesempatan mencicipi label sebagai galactico di Real itu ada di depan mata Sadio Mane.

Marca melaporkan, Real tertarik menambahkan Supermane, julukan Mane, dalam daftar belanjanya musim panas ini. Liverpool pernah disebutkan mematok nominal EUR 200 juta (Rp 3,2 triliun) bagi klub mana saja yang menginginkan tenaga peraih Golden Boot Premier League musim lalu itu. Angka yang sangat fantastis.

Padahal, Real sepanjang musim panas ini telah menggelontorkan EUR 303 juta (Rp 4,86 triliun) di bursa transfer, termasuk juga megatransfer Eden Hazard. ”Real menyertakan (Marco) Asensio dalam transfer ini,” klaim sumber dekat Real.

Ya, seperti diketahui, tactician Liverpool Juergen Klopp termasuk pengidola Asensio.

AS sempat mengklaim market value Asendios, julukan Asensio, sekitar EUR 90 juta (Rp 1,44 triliun). Tidak sampai separo dari nilai yang diminta Liverpool agar melepaskan salah satu mesin golnya dua musim terakhir itu. Walau, ada rumor winger 24 tahun Pantai Gading Nicolas Pepe akan jadi pengganti Mane andai pergi dari Liverpool.

Analis keuangan Inggris Kieran Maguire menilai kecil peluang Liverpool untuk bersedia melepas salah satu pemain terbaiknya itu.

”Liverpool runner up Premier League, mereka sukses mendulang banyak uang dari hak siar televisi lebih tinggi dari Manchester City (jawara Premier League). Itu belum termasuk pendapatan sebagai juara Liga Champions,” tutur Maguire, seperti dikutip Daily Express.

Dengan seperti itu klub berjuluk The Reds tersebut tak perlu susah-susah melego pemain kuncinya untuk mendapat banyak uang. Sebaliknya, Liverpool akan mempunyai daya tarik saat musim panas ini. ”Faktanya, Liverpool tak perlu menjual pemainnya, dan pemain juga tak perlu pergi,” sambung Maguire.

Pemain asal Afrika di Real Madrid
– Geremi Njitap 1999-2003
– Javier Balboa 2006-2008
– Mahamadou Diarra 2006-2011

(JPC)