Wapres Jusuf Kalla jadi Saksi Nikah Putri Khofifah, Ini Daftar Tokoh yang Datang

oleh
KHIDMAT: Acara ijab kabul putri Khofifah dengan Fadil Wirawan disaksikan Wapres Jusuf Kalla di Jemursari, Surabaya, kemarin siang (28/6). (Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos)

SURABAYA, RAKYATJATENG – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mantu. Dia menikahkan putri sulungnya, Patimasang, dengan Fadil Wirawan. Ijab kabul berlangsung di kediaman Khofifah, daerah Jemursari, Surabaya, kemarin siang (28/6).

Wakil Presiden Jusuf Kalla didaulat sebagai saksi nikah bersama Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang, KH Salahuddin Wahid alias Gus Sholah.

Di antara tamu penting, ada tokoh sentral Nahdlatul Ulama KH Maimun Zubair. Hadir pula istri almarhum Presiden Ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid, yang didampingi putrinya, Yenny Wahid.

Selain itu, hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Men PAN-RB Syafruddin. Tak ketinggalan Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak bersama istri, Arumi Elestianto Dardak.

Acara diawali pembacaan ayat suci Alquran. Selanjutnya, khotbah nikah disampaikan Prof dr KH Nazaruddin Umar, imam besar Masjid Istiqlal, Jakarta.

Yenny Wahid, yang juga direktur Wahid Institute, menyampaikan nasihat kepada pengantin. Nasihat itu sama dengan yang diterima Yenny dari KH Mustofa Bisri saat dirinya menikah. Yakni, kedua mempelai harus bisa istiqamah dan menerima pasangan apa adanya.

’’Perjalanan meniti kehidupan keluarga itu ada tantangan dan kebahagiaan. Insya Allah, mudah-mudahan mulus dan selalu membawa kebahagiaan, baik bagi keluarga maupun orang lain,’’ katanya.

Fadil Wirawan adalah putra pasangan Priyanto Hadi Sasono dan Fauziyah Mansur. Orang tua Fadil tinggal di Jakarta.

Menurut juru bicara keluarga, Gus Hans, Patimasang dan Fadil merupakan teman semasa kuliah di Monash University, Australia. Keduanya kembali dipertemukan dalam lingkungan kerja yang sama di Jakarta.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam resepsi yang berlangsung di Grand City Convention Hall, Surabaya, malam ini. Gus Hans menyatakan, sudah ada konfirmasi bahwa presiden berangkat dari acara G20 di Osaka, Jepang, dan diperkirakan tiba dalam acara resepsi pukul 21.30.

(JPC)