Tulang Belakang Patah, Jorge Lorenzo Absen di Belanda dan Jerman

oleh
Jorge Lorenzo kecelakaan FP1 MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Jumat. (MotoGP)

ASSEN, RAKYATJATENG – Juara dunia MotoGP tiga kali (2010, 2012 dan 2015) asal Spanyol Jorge Lorenzo dipastikan absen dalam balapan MotoGP Belanda, Minggu (30/6), bahkan juga di MotoGP Jerman 7 Juli nanti.

Lorenzo absen lantaran mengalami patah di bagian tulang belakang, setelah kecelakaan yang mengerikan saat latihan bebas atau free practice (FP) 1 MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Jumat (28/6) siang WIB.

Pemilik motor Repsol Honda nomor 99 itu meluncur pada Turn 7 di sirkuit yang juga biasa disebut Cathedral of Speed. Lorenzo jatuh, terlempar, jungkir balik sebelum terkapar di kerikil luar lintasan.

Lorenzo masih bisa berdiri, bahkan berjalan meski gontai. Tim medis di lintasan segera membantu dan kemudian membawa Lorenzo ke pusat medis dengan ambulans. “Sedihnya, Lorenzo telah dinyatakan tidak layak untuk sisa MotoGP Belanda,” bunyi pernyataan tim Honda.

Pembalap berusia 32 tahun itu dijadwalkan akan menghabiskan beberapa minggu ke depan untuk perawatan. Ya. Selain di MotoGP Belanda, Lorenzo juga sudah dipastikan tidak akan ikut serta dalam balapan di Jerman pekan depan. MotoGP Jerman merupakan race terakhir sebelum jeda liburan musim panas. Lorenzo diperkirakan baru kembali ke lintasan di MotoGP Ceko 4 Agustus nanti.

“Karena jatuh, tulang belakang T6 dan T8 saya patah. Cedera itu tidak memungkinkan saya untuk balapan di sini di Assen (Belanda) atau bahkan di Sachsenring (Jerman). Besok (Sabtu) pagi saya akan terbang ke Lugano dan melakukan semua perawatan yang mungkin untuk bersiap-siap untuk Brno (MotoGP Ceko),” kata Lorenzo.

Salah satu bos tim Honda Alberto Puig sedih dengan situasi dan kondisi Lorenzo. “Dia mengalami kecelakaan juga minggu lalu di Barcelona, dan pada waktu itu dia benar-benar kesakitan, tepatnya di area yang sama dengan tempat dia merasakan sakit hari ini,” ujar Puig kepada Motor Sport.

Puig juga mengatakan Lorenzo tidak akan diganti (pembalap cadangan) di Assen. Saat ini Lorenzo berada di peringkat 15 dalam klasemen sementara dengan 19 poin. Penampilan terbaiknya dalam musim pertama bersama Repsol Honda ialah finis di urutan sebelas di MotoGP Prancis. (adk/jpnn)