Lezatnya Balado Ayam dan Telur Cocok untuk Santap Siang, Begini Cara Membuatnya

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Santap siang ini bisa Anda coba membuat Balado ayam. Tak perlu takut pedas, Anda bisa menyesuaikannya berdasarkan selera.

Agar semakin nikmat, jangan lupa tambahkan bahan makanan lainnya seperti telur agar si kecil makin suka.

Cara membuatnya pun praktis dan tidak memakan banyak waktu. Berikut resep membuat balado ayam dan telur untuk sarapan pagi seperti dikutip dari akun Instagram @rudydansahabat.

 

Bahan 1:

½ ekor (400 g) ayam

5 butir telur rebus, kupas dan goreng sesaat

100 g kacang panjang, rajang serong

600 ml minyak goreng

 

Bahan 2 (marinasi):

Desaku marinasi

1 sdt garam

1 sdt Desaku Ketumbar Bubuk

½ sdt Desaku Kunyit Bubuk

5 sdm air

 

Bahan 3 (haluskan):

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 buah tomat

 

Bahan 4:

6 sdm minyak goreng, untuk menumis

250 ml air

1 saset Desaku Bubuk Balado

1 sdt garam

1 sdm gula pasir

 

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih ayam, kemudian potong-potong menjadi 6 bagian. Goreng langsung ayam di dalam wajan. Sementara itu, masukkan semua bahan 2 di dalam mangkuk kecil, aduk hingga larut. Sesaat sebelum ayam dibalik, tuangkan ½ bagian larutan bumbu marinasi ke dalam wajan. Balik ayam dan sesaat sebelum ayam diangkat, tuangkan sisa bumbu marinasi.
  2. Goreng ayam hingga kekuningan dan garing, angkat dan tiriskan. Haluskan bahan 3, kemudian tumis dengan 6 sdm minyak goreng sampai harum dan matang. Larutkan Desaku Bubuk Balado dengan satu gelas air, aduk rata. Tuangkan larutan ini ke dalam tumisan yang sudah tanak, aduk perlaham hingga bumbu larut dan mengembang.
  3. Masukkan garam dan gula pasir, aduk hingga larut. Jika sudah mulai pekat bumbunya, masukkan ayam goreng, telur dan kacang panjang, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan terbalut dengan bumbu. Angkat. Balado ayam dan telur siap dihidangkan.

(sdn)