Dalang Cilik Salatiga Ini Juara di Yogyakarta

oleh

SALATIGA, RAKYATJATENG – Anggoro Dwi Sadono, dalang cilik asal Salatiga berhasil menyabet juara pertama dalam Festival Dalang Cilik (FDC) IX tingkat Nasional di Pendopo Tedjokusumo Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY Yogyakarta, Senin (17/6/2019) lalu.

Gelar ini seakan menuntaskan rasa penasaran Anggoro yang pada tahun 2017 hanya meraih posisi ketiga dalam even yang sama.

Koordinator kontingen asal Salatiga, Suraji menuturkan, kota Salatiga melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengirimkan dua peserta yang diwakili oleh Raditya Genendra Arzata dari Sanggar Padharasa, dan Anggoro Dwi Sadono. Raditya ikut lomba tingkat SD sedangkan Anggora untuk tingkat SMP.

Festival ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh UNY pada setiap peringatan Dies Natalis. Festival diikuti oleh sekitar 36 orang peserta dalang cilik terdiri dari dua kategori yaitu siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Ada sekitar 15 daerah di Pulau Jawa yang mengirimkan peserta diantaranya Surabaya, Wonogiri, Tulungagung, Salatiga, Klaten, Boyolali, Wonosobo, Banjarnegara, Semarang, Sukoharjo Karanganyar, Yogyakarta dan Jakarta. Dan jumlah peserta berimbang antara pria dan wanita.

Dalam lomba, semua peserta diberi waktu 40 menit untuk menunjukkan kelihaiannya. Anggoro memainkan lakon Brubuh Alengko.

“Alhamdulillah, dibandingkan peserta lainnya, Anggoro memiliki keunggulan di sabetan (teknik memainkan wayang, red) dan juga garapan irinya,” terang Suraji yang juga merupakan staf di kantor dinas Kebudayaan dan Pariwisata tersebut.

Anggoro Dwi Sadono merupakan didikan Sanggar Sekar mulyo, asuhan Sri Mulyono.

Untuk kategori SMP, Salatiga keluar sebagai Juara I menyisihkan Tulungagung, Sukoharjo, dan Sleman. Hadir dalam kegiatan tsb Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, sekretaris Dinas, dan Kabid Kebudayaan. Selain itu juga dihadiri oleh Dalang Ki Joko Sunarno, dan Ki Suryanto dari Karanggede Boyolali.

Festival Dalang Cilik diselenggarakan mulai dari 17 hingga 21 Juni 2019 dan memperebutkan trofi serta dana pembinaan dengan total sekitar Rp. 20 juta. Juara satu untuk semua kategori akan menerima hadiah trofi dan uang pembinaan sekitar Rp. 5 juta, juara dua Rp. 4 juta dan juara tiga Rp. 3 juta.

Puncak Festival Dalang Cilik diselenggarakan bersama dengan pagelaran wayang kulit pada tanggal 21 Juni 2019 di depan Hall Rektorat UNY. (sas/jpg/RS)