Cagar Budaya akan Dikembangkan Jadi Wisata Edukasi Sejarah

oleh
Lokasi prasasti Sojomerto Batang. (net)

BATANG, RAKYATJATENG – Bicara pariwisata di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, tak melulu pesona alamnya saja. Lebih dari itu, situs atau cagar budaya yang banyak ditemukan juga punya nilai wisata yang tinggi, baik sebagai warisan sejarah maupun untuk kepentingan edukasi.

“Kita memiliki sejumlah situs budaya seperti arca Ganesha di Desa Silurah dan prasasti Sojomerto yang merupakan peninggalan dinasti Syailendra. Peninggalan kuno dan bersejarah ini akan kita ‘branding’ yang menjadi daya tarik bagi wisatawan minat khusus,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santosa SSos MM.

Menurut Wahyu, selama ini banyak ditemukan cagar budaya yang tidak terawat dan rusak, sehingga hal itu perlu adanya perhatian khusus dari pemerintah.

“Kita akan kaji agar cagar budaya itu dapat diselamatkan dari kerusakan maupun hilang. Kita akan kaji situs budaya di Batang dapat menjadi daya tarik wisatawan mancanegara maupun domestik,” terangnya.

Pemkab Batang, kata dia, akan melakukan terobosan agar situs budaya maupun cagar budaya menjadi daya tarik wisata dengan membuat replika. Karena barang peninggalan kuno itu sebagian besar berada di wilayah yang sulit dijangkau wisatawan. (fel/RP)